Personil polisi saat melakukan pengamanan di pantai. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pascamelewati hari raya Galungan, masyarakat menyasar pantai untuk sekadar berlibur, Kamis (11/11). Mengantispasi adanya lonjakan kunjungan, polisi melakukan atensi khusus pada sejumlah pantai. Selain memastikan protokol kesehatan, polisi juga mengantisipasi adanya musibah saat warga berlibur di pantai.

Banyak warga dari berbagai daerah yang ingin berkunjung ke tempat objek wisata yang ada di Kabupaten Klungkung, seperti di Pantai Watu Klotok dan Pantai Kusamba. Kedua garis pantai ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata yang menjadi tujuan untuk keluarga sekadar bersantai melepas penat setelah rangkaian upacara agama hari raya Galungan.

Polres Klungkung menyiagakan cukup banyak personelnya untuk melaksanakan pengamanan. Seperti memastikan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap warga yang ingin berkunjung ke pantai, agar dapat berjalan dengan baik. Sehingga tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19. Polisi juga tidak segan menegur pengunjung yang tidak mengenakan masker, maupun warga yang salah mengenakan masker.

Baca juga:  Penutupan Akasaka Tidak Permanen

Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K.M.H., mengatakan, pengamanan tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi lonjakan pengunjung serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung dan tidak lupa personel yang di siagakan selalu memonitor dan memberikan imbauan Protokol Kesehatan supaya masyarakat tidak abai sehingga tidak terjadi cluster baru setelah kegiatan hari libur Galungan dan Kuningan dalam penanganan covid-19. Sementara petugas lainnya nampak berpatroli.

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, mengatakan atensi khusus ini sudah menjadi tanggungjawab dan tugas personil kepolisian. Dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat maupun untuk menjaga ketertiban ketika berkunjung di tempat wisata. Sesuai perkiraan, tempat wisata ini cukup ramai oleh warga sejak siang sampai sore. Melalui upaya ini, pihaknya berharap masyarakat tetap disiplin prokes dan memastikan aman dari arus pantai. “Selain memastikan disiplin prokes, kami juga ingin liburan warga ke pantai agar berlangsung aman,” tegasnya.

Baca juga:  Lakukan Pembobolan, Petugas Service Mesin ATM Ditangkap

Kesempatan ini juga dimanfaatkan petugas kepolisian untuk terus mengedukasi warga terkait disiplin, agar segera terbebas dari pandemi ini. Sampai sore seluruh warga dapat berlibur ke pantai dengan tertib dan tentu taat prokes.

Polres Gianyar Siaga

Sementara Polres Gianyar, Kamis (11/11), juga menyiagakan personelnya bertepatan hari manis Galungan. Wakapolres Gianyar Kompol I Nyoman Wirajaya saat apel siaga kesiapan personel di Mako Polres Gianyar menyampaikan personel diminta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta tetap mengedepankan keselamatan.

Baca juga:  Mulai Ramai, Wisatawan Kunjungi Watersport Tanjung Benoa

Kompol Wirajaya mengungkapkan Polres Gianyar menempatkan personel yang siaga di tempat-tempat obyek pariwisata seperti Bali Safari. Ini termasuk di pantai-pantai yang berada di Wilayah Selatan. Disampaikannya, cara bertindak di lapangan dengan tetap mengimbau masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan Covid-19. ” Bali saat ini sedang mengalami musim hujan, personel untuk tetap menjaga keselamatan di jalan,” harap Wakapolres.(Bagiarta/Wiryana/Balipost)

BAGIKAN