Tri Handoko Seto. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI akan meluncurkan empat jenis aplikasi layanan digital pada Sabtu (6/11). Keempat aplikasi tersebut diantaranya, e-Pasraman, Sindu (Sistem Informasi Hindu), Wedangga (Weda dalam Genggaman Anda), dan Digital Arsip.

“Empat aplikasi layanan digital ini merupakan buah karya kerja sama antara Ditjen Bimas Hindu dengan programmer-programmer dari kalangan anak muda Hindu,” ungkap Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto, Kamis (4/11), dalam rilisnya.

Baca juga:  Penyaluran Pembiayaan UMi Meningkat

Peluncuran 4 aplikasi ini akan dilakukan di kanal YouTube Ditjen Bimas Hindu. “Nanti akan ada demo aplikasi, kita harapkan umat Hindu dari berbagai daerah ikut turut bergabung secara virtual agar bisa lebih familier dengan fitur-fiturnya,” papar Tri.

e-Pasraman adalah aplikasi layanan pendidikan Hindu berbasis digital. “Melalui aplikasi ini, orangtua siswa nantinya juga dapat turut mengawasi perkembangan proses belajar anak-anaknya” sambungnya.

Sindu merupakan sistem aplikasi digital berbasis web terintegrasi dengan data-data keumatan Hindu. Seperti data pendidikan, data penyuluh, guru agama, data pegawai dan data lainnya.

Baca juga:  KAI Ikuti Sosialisasi E-Court

Wedangga adalah aplikasi media digital berbasis web yang mempermudah umat mengakses kitab suci Hindu. “Nantinya, melalui aplikasi ini umat tidak hanya ditampilkan teks asli dan terjemahannya saja, namun juga bisa mendengarkan langsung lantunan beserta terjemahannya, ujarnya.

Sedangkan Digital Arsip, merupakan transformasi model pengarsipan dokumen kepegawaian Ditjen Bimas Hindu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *