Tim gabungan meninjau lokasi kebakaran hutan di lereng Gunung Batur. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Batur, Kintamani sejak Jumat (22/10) sore, sudah berhasil dipadamkan. Kapolsek Kintamani AKP Benyamin Nilijuluw mengonfirmasinya Sabtu (23/10) sore.

Ia mengatakan, api yang membakar kawasan taman wisata alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang itu sudah padam sekitar pukul 14.00 WITA. Meski demikian petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) masih melakukan pemantauan di lokasi.

Baca juga:  Hutan di Lereng Batur Terbakar, Pemadam Cegah Api Merembet ke Pura Pasar Agung

Sebab di titik lahan yang terbakar, masih terdapat asap bekas kebakaran. Dikatakan bahwa Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan beserta rombongan PJU Polres Bangli sempat meninjau dan ikut memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Kebakaran yang terjadi di kawasan TWA Gunung Batur Bukit Payang itu diduga akibat cuaca panas disertai angin kencang. Ditambah semak belukar di lokasi yang kondisinnya sudah kering.

Baca juga:  Daftar Tunggu PDAM Denpasar Mencapai 2.476

Diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar 20 hektar. “Lokasi kebakaran tersebut jauh dari pemukiman masyarakat,” kata Nikijuluw. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN