Jalur baru di Desa Sukawati yang masih dalam pengerjaan. Jalan ini menghubungkan Sukawati ke Desa Kemenuh. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pengerjaan jalan baru di Desa Sukawati menuju Desa Kemenuh masih dalam tahap pengerjaan. Namun, jalur ini mulai dilewati sejumlah pemotor.

Menurut Kepala Desa Kemenuh, Dewa Made Neka, Selasa (22/9), akses tersebut bisa mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat. Melewati jalur ini dari Kemeunuh-Sukawati ditempuh 10 menit. “Sepuluh menit sudah sampai, kalau harus lewat ke Batuan bisa 2 kali lipat. Bila pariwisata sudah membaik, akses ini akan sangat mendukung pariwisata Air Terjun Tegunungan, Pasar Seni dan Pasar Umum,” ungkapnya.

Baca juga:  Barack Obama Start Liburan di Bali

Dikatakan pula dengan adanya akses ini, Desa Kemunuh, Desa Sukawati, dan Desa Batuan bisa menggali potensi yang ada. “Daerah tersebut dimiliki tiga desa, utara Kemenuh, tengah milik Batuan, dan paling selatan Sukawati,” ungkapnya.

Rencana ini juga sudah dikoordinasikan dengan 3 perbekel. Akses tersebut akan dijadikan daya tarik.

Diharapkan dari sisa nilai proyek bisa dialokasikan untuk penataan. Hal tersebut pun telah dimohonkan kepada Bupati Gianyar, Made Mahayastra.

Baca juga:  Ini Syaratnya! Ekonomi Bali Bisa Tumbuh hingga 6 Persen

Penataan ini juga akan menambah daya tarik dan di sekitar lokasi itu. “Kita bisa menggunakan pola kerjasama dengan pemilik tanah. Misal dibangun swing seputaran Sungai Petanu,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.