RS PTN Unud. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – RS Khusus COVID-19 jika sesuai dengan jadwalnya akan mulai beroperasi pada Selasa (7/4). Kesiapan RS PTN Unud sebagai rumah sakit yang ditunjuk Gubernur Bali, Wayan Koster, untuk khusus menangani pasien COVID-19 sudah mulai dilakukan sejak seminggu terakhir.

Dikonfirmasi, Senin (6/4), Direktur RS PTN Unud Dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra mengatakan, untuk kesiapan sudah semua siap. Baik dari segi ruangan, maupun fasilitas yang dibutuhkan.

Baca juga:  Bandara Ngurah Rai Dibuka Mulai Pukul 15.00 Wita

Meski sudah siap untuk menerima masien khusus Covid-19, namun pihaknya berharap, jangan sampai ada lagi penambahan pasien COVID-19 di Bali. “Sudah-sudah siap kita (RS PTN Unud-red). Mudah-mudahan tidak ada penambahan pasien. Itu saja doanya,” harapnya.

Sebelumnya, pada Kamis (2/4), Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, melakukan peninjauan terkait kesiapan RS PTN Unud. Ia menjelaskan pengertian siap yang dimaksud yakni siap dalam kapasitas penanganan yang lebib banyak.

Baca juga:  Rakornas KMHDI XIII, Generasi Muda Hindu Diajak Bijak Sikapi Perbedaan

Karena, kata Dewa Indra yang juga Sekda Provinsi Bali ini, RS PTN Unud sebelumnya hanya menangani pasien COVID-19 dalam jumlah sedikit. Ke depan, khusus dalam penanganan COVID-19, RS PTN Unud menyediakan 96 kamar.

Terkait bantuan dari Pemprov Bali lanjut dia, akan dilengkapi peralatan-peralatan yang diperlukan agar RS ini bisa beroperasi melaksanakan penugasan sebagai RS khusus COVID-19. Kedua komitmen dalam membiayai operasionalnya. “Dalam operasional itu ada SDM, Ada sumber daya peralatannya, ada segala macam, kalau kita sudah berbicara operasional,” bebernya.

Baca juga:  Disdukcapil Tabanan Tak Layani Permohonan Arsip KK Terbitan Lama

Untuk anggaran, kata dia, inilah yang akan dibahas kembali. Peninjauan lapangan ini salah satunya untuk memastikan yang masih dibutuhkan. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN