Dua wisatawan yang berkunjung ke objek wisata disediakan hand sanitizer di tiap pintu masuk, salah satunya di DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri. (BP/dok)

TABANAN, BALIPOST.com – Sejumlah daerah tujuan wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan menyediakan hand sanitizer alias cairan pembersih tangan di pintu masuk. Penyediaan hand sanitizer ini sebagai salah satu upaya mencegah potensi penyebaran virus Corona.

Penyediaan hand sanitizer sudah diberlakukan di tiga DTW favorit yakni Tanah Lot, Ulundanu Beratan dan Jatiluwih. ”Kami sediakan di dua titik pintu checking dan empat lagi di gate tiket sejak Februari lalu,” ucap Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, Kamis (12/3).

Baca juga:  Peringati Hari Buruh, FSPPG Gelar Festival

Begitu pun di areal Festival yang akan digelar 13-15 Maret 2020, juga disediakan pos kesehatan dan hand sanitizer. Hal ini sekaligus sebagai upaya mengedukasi pengunjung festival untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat yang tentunya dapat mencegah terjangkitnya Covid-19.

Hal serupa disampaikan Manajer Operasional DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa. Hand sanitizer disediakan dan terpusat di pintu masuk wisatawan sebelum kegiatan tracking.

Baca juga:  Ribuan Travel Agent Gulung Tikar, Ini Sebabnya

DTW Ulundanu Beratan juga menerapkan hal serupa. “Hanya sebatas penyediaan sabun untuk cuci tangan dan hand sanitizer,” pungkas Manajer Operasional I Wayan Mustika.

Terkait rencana penyediaan alat cek pengukur suhu tubuh di kawasan objek wisata, Kepala Dinas Pariwisata I Gede Sukanada menyatakan sudah mengkoordinasikan di level provinsi saat rapat kemarin. (Dewi Puspawati/balipost)

BAGIKAN