DENPASAR, BALIPOST.com – Kembangkan kajian pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism, dua dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) akan mengikuti pertukaran dosen di Spanyol. Untuk memulai program ini, Selasa (11/2), empat dosen dari Spanyol melakukan presentasi program Erasmus Plus terkait pertukaran dosen antara STPBI dan Erasmus Spanyol.

Wakil Ketua IV bidang Kerja Sama Internasional STPBI Ni Made Ayu Sulasmini, S.Pd., M.Pd., CHE. mengatakan, ini merupakan program beasiswa dan pertukaran dosen antara STPBI dan Erasmus Plus Spanyol. Menurutnya, STPBI dan SPB selalu menerjemahkan dengan baik komitmen dari yayasan, salah satunya untuk globalisasi.

Menurut Ayu, pihaknya akan melakukan globalisasi ini di tiga layer, yakni di tahapan dosen, mahasiswa dan tenaga non-dosen. Sementara untuk pertukaran dosen yang berupa beasiswa Erasmus Plus antara STPBI dengan salah satu lembaga di Spanyol, katanya, bertujuan untuk mobilitas dari profesor antardua lembaga.

Dalam hal ini, program yang difasilitasi oleh Erasmus Plus khusus mempelajari terkait sustainable tourism. Karena tourism, katanya, merupakan bisnis yang sangat dekat dengan lingkungan.

Untuk itu pihaknya menegaskan harus juga menjadi agen yang tidak hanya terampil di bidang pariwisata dan perhotelan global, namun juga mendedikasikan segala kegiatan untuk keberlangsungan lingkungan. ‘’Karena tourism tidak akan berhasil kalau lingkungan tidak mendukung,’’ katanya. (Adv/balipost)

 

BAGIKAN