Suasana donor darah yang digelar Kodam IX/Udayana. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Bali, Kodam IX/Udayana menggelar donor darah di aula Makodam, Denpasar, Kamis (9/4). Dari kegiatan donor darah oleh kodam bersama jajarannya beberapa hari terakhir, berhasil menyumbangkan 918 kantong darah.

Aksi tersebut diharapkan bisa mengatasi kekurangan persediaan darah di tengah merebaknya pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi saat ini. Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G. mengatakan, penyebaran wabah virus Corona yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia ini, sangat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat di berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam hal ketersediaan darah di PMI.

Sedangkan pasien yang membutuhkan darah selalu ada.  “Kodam IX/Udayana dan jajaran  dalam pelaksanaan donor darah tetap memperhatikan protokol penanggulangan penyebaran COVID-19. Banyak pasien dengan penyakit lain  membutuhkan darah, seperti pasien penyakit kanker, anemia, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca juga:  Partai Gerindra Pemasok Darah Terbanyak ke PMI Klungkung 

Kodam dan jajarannya sampai saat ini berhasil mengumpulkan pendonor sebanyak 1.035 orang. Rinciannya 191 kantong darah golongan A, 272 kantong darah B, 384 kantong darah O dan 71 kantong darah AB. “918 kantong darah disumbangkan. TNI dalam hal ini Kodam IX/Udayana selalu siap membantu untuk memenuhi kebutuhan  darah yang dikelola oleh PMI,” ujar Kapendam.(Kerta Negara/balipost)