Tangkapan layar dari website penanganan COVID-19 Badung. (BP/kmb)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Jumlah pasien yang dinyatakan positif COVID-19 di Kabupaten Badung bertambah. Berdasarkan data di covid19.badungkab.go.id hingga Kamis (9/4), terjadi penambahan 1 pasien terkonfirmasi positif.

Dengan bertambahnya satu pasien, Badung kembali menambah deretan zona merahnya. Zona merah terbaru ini adalah Desa Tibubeneng, Kuta Utara.

Total pasien positif Corona kini mencapai lima pasien, yakni di Jimbaran (2) dan Sibang Gede (1), Kerobokan Kelod (1), dan Tibubeneng (1).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta, saat dikonfirmasi perihal tersebut membenarkan adanya penambahan positif COVID-19, sehingga total terdapat lima pasien positif di Badung. :Betul ada tambahan pasien yang positif di Tibubeneng, jadi total ada lima yang tercatat,” katanya.

Menurutnya, pasien yang tercatat positif COVID-19 bukan merupakan transmisi lokal. “Pasien yang positif ini bukan termasuk transmisi lokal, karena pasien ini dari Pekerja Migran Indonesia (PMI),” tegasnya.

Mantan Dirut RSD Mangusada ini juga meluruskan adanya rumor penolakan jenazah yang dipulangkan di Sibang Gede, Abiansemal bukan pasien COVID-19. “Pasien yang di Sibang yang positif itu masih hidup, bugar, kondisi kesehatan membaik, jadi yang meninggal itu bukan pasien COVID-19 itu,” tegasnya.

Baca juga:  Wanita Ini Nekat Hendak Terjun dari Jembatan Samsam

Dia juga menegaskan tidak ada penolakan terhadap jenazah yang dipulangkan. “Yang saya tahu, kemarin di Sibang upacara mendak Bagia Pulakerti salah satu pura dadia di sana, jadi tidak ada penolakan,” tegasnya.

Ia menyebutkan pihaknya mendapatkan informasi pasien yang meninggal disebabkan sesak, karena infeksi paru, pneumonia, sehingga penatalaksanaan jenazah sebagai COVID-19.

Secara akumulatif jumlah warga Badung yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 mencapai 14 orang. Sudah keluar hasil tes swabnya sebanyak 13 orang, yakni 8 negatif dan 5 positif.

Masih ada 1 PDP yang menunggu hasil tes. Sementara itu, 5 positif hingga kini masih dirawat. (Parwata/balipost)

BAGIKAN