Sejumlah santri diukur suhu tubuhnya dan melakukan skrining COVID-19 saat tiba di Terminal Mengwi. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Terminal Tipe A Mengwi kembali menerima kepulangan ratusan santri, Jumat (3/4). Kali ini santri yang pulang kampung dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, seluruhnya perempuan.

Bus pertama yang mengangkut 62 orang tiba di terminal pukul 14.15 WITA. Petugas yang siaga di terminal kedatangan langsung melalukan penyemprotan disinfektan terhadap bus pengangkut dan barang bawaan.

Para santri pun diminta turun satu persatu menuju wastafel yang telah disediakan. Mereka diminta untuk mencuci tangan dilanjukan masuk pada bilik sterilisasi. Kemudian, melakukan pengecekan suhu tubuh dan diperkenakan bertemu keluarga yang menjemput.

H Wartha D. Sandi selaku Pengawas Satgas COVID-19 LPBI NU Provinsi Bali, mengatakan para santri juga diminta mengkarantina diri secara mandiri. Para santriwati ini juga diminta untuk membersikan diri sampai di rumah, seperti mencuci pakaian yang dikenakan.

“Pemeriksaan suhu tubuh serta penyemprotan disinfektan kepada santri merupakan langkah pencegahan atas COVID-19 seperti instruksi Pemerintah Provinsi Bali. Hari ini ada 211 Badung santri dari Badung dan santri dari santri Denpasar sebanyak 138 orang,” ujarnya.

Ia menyebutkan kedatangan ratusan santri ini diangkut dengan tujuh bus. (Parwata/balipost)