Tenaga medis menunggu warga yang akan melakukan tes dalam sebuah tes drive-thru, Kamis (26/3) di California, AS. (BP/AFP)

WASHINGTON, BALIPOST.com – Sebuah lab bermarkas di Amerika Serikat meluncurkan sebuah tes portable yang bisa memberikan petunjuk jika seseorang terjangkit COVID-19 dalam 5 menit. Dalam sebuah pernyataan Jumat (27/3), Abbot Laboratories menyatakan Administrasi Obat-obatan dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memberikan perusahaan itu izin darurat untuk membuat alat tersebut secepatnya awal minggu depan.

Dikutip dari AFP, alat tes itu yang berukuran sebesar pemanggang roti ini menggunakan teknologi molekular. Hasil negatif juga bisa ditunjukkan alat tersebut dalam waktu 13 menit, ungkap rilis dari perusahaan tersebut.

“Pandemi COVID-19 akan ditanggulangi dengan beragam pendekatan, dan sebuah alat molekular portable yang bisa memberikan hasil tes dalam hitungan menit akan mampu meningkatkan upaya pencarian solusi memerangi virus ini,” kata Presiden dan CEO Abbot Laboratories, Robert Ford.

Alat tes yang bisa dibawa kemana-mana ini, lanjutnya, bisa digunakan di luar rumah sakit, terutama di daerah outbreak. Abbot, katanya, bekerjasama dengan FDA mengirimkan alat tes ini ke sejumlah episenter virus.

“Hasil tes belum disetujui oleh FDA dan hanya bisa digunakan oleh pihak berwenang untuk keadaan darurat yang disetuji oleh lab dan penyelenggara kesehatan,” kata perusahaan itu. (Diah Dewi/balipost)