Rombongan Kaling yang pulang dari Malang disemprot disinfektan di Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Rombongan kepala lingkungan dan kepala kewilayahan (klian) Jembrana yang sebelumnya mengadakan studi tiru ke Malang, Jawa Timur disemprot disinfektan Rabu (18/3) dinihari di Gilimanuk. Selain ratusan klian dan kaling, penyemprotan juga dilakukan pada bus (armada) yang ditumpangi dan barang bawaan mereka.

Mereka juga diperiksa suhu badan dan kesehatan di Puskesmas Gilimanuk sebelum pulang ke rumah masing-masing. Penyemprotan dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan para penumpang dan armada yang digunakan bersih atau steril.

Total ada 9 bus yang digunakan rombongan klian, kaling dan pendamping desa ini. Rombongan ini sebelumnya berangkat pada Minggu (15/3) pagi ke Jawa Timur untuk melakukan studi tiru. “Penyemprotan disinfektan ini kita lakukan untuk memastikan baik armada, penumpang dan barang bawaan steril, karena kita juga dari berpergian keluar Bali jadi kami pastikan steril, ” ujar Hasan, perwakilan PO Gunung Harta.

Salah satu Klian, Gusti Kade Adiana mengatakan penyemprotan disinfektan yang dilakukan ini dinilainya sebagai langkah antisipasi yang bagus dan memang semestinya harus seperti ini. “Ini bagus untuk menjaga tetap steril baik orang, kendaraan dan barang. Termasuk kami yang baru pulang dari luar Bali, dicek kesehatan dan disemprot disinfektan,” ujarnya. (Surya Dharma/balipost)