Kru maskapai penerbangan internasional tiba di Seattle Tacoma International Airport, AS, pada 8 Maret 2020. (BP/AFP)

WASHINGTON, BALIPOST.com – Maskapai penerbangan di Amerika Serikat mengumumkan pemangkasan drastis rute penerbangan pascapengumuman Presiden AS, Donald Trump yang melarang pengunjung dari Eropa masuk ke AS.

American Airlines mengatakan akan memangkas rute penerbangan internasionalnya hingga 75 persen. “Pemangkasan penerbangan ini akan berlaku hingga 6 Mei,” kata maskapai itu, seperti dilansir AFP.

“Kebijakan ini diambil merespons menurunnya permintaan dan kebijakan pemerintah AS yang membatasi bepergian karena virus corona,” sebutnya.

Juga dikatakan bahwa penerbangan domestik juga dipangkas sebesar 20 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Kompetitor maskapai ini, Delta, juga mengatakan mengurangi secara signifikan penerbangan ke Eropa mulai Senin (16/3), menindaklanjuti keputusan pemerintah AS yang melarang kunjungan antara AS dan Eropa.

Baca juga:  Rupiah Melemah Capai Rp 15 Ribu per Dolar AS

Hal yang sama juga dinyatakan Soutwest Airlines. Disebutkan, pihak maskapai akan melakukan pengurangan layanan tergantung permintaan.

Pembatasan masuknya pengunjung dari Eropa mulai berlaku pada Jumat (13/3) tengah malam waktu setempat dan akan diperluas ke Inggris dan Irlandia pada Selasa (17/3) waktu setempat. (Diah Dewi/balipost)