Sekda Bali, Dewa Made Indra. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Satuan Tugas Penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19) di Provinsi Bali menggelar rapat perdana di Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Jumat (13/3). Dalam rapat yang melibatkan seluruh anggota Satgas dari unsur Polda Bali, Kodam, Korem, instansi vertikal, pemerintah daerah, organisasi termasuk industri pariwisata, unsur kesehatan, serta kabupaten/kota telah disepakati lima agenda kerja.

Ketua Satgas yang juga Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, agenda kerja pertama adalah peningkatan kapasitas penanganan penyakit di faskes pemerintah dan swasta.

Kedua, memastikan ketersediaan sarana-sarana pencegahan penularan penyakit seperti masker, disinfektan dan hand sanitizer. Ketiga, peningkatan kapasitas deteksi dini dan pencegahan di pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan karena virus corona datang dari luar Bali.

“Keempat, meningkatkan upaya-upaya pengendalian virus melalui pembatasan kegiatan yang melibatkan orang banyak,” ujarnya.

Hal ini dilakukan, kata Dewa Indra, karena transmisi virus melalui droplet cairan yang dikeluarkan pada saat batuk, bersin, dan pilek. Kalau ada orang banyak dalam jarak yang rapat kemudian bersin dan batuk, maka berpotensi menyebarkan virus.

Baca juga:  Pascadua Kali Erupsi, Status Gunung Agung Tetap Level III

“Oleh karena itu, maka pencegahannya mari kita kurangi kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak. Kalau kegiatan itu harus dilakukan, maka mari menyiapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dewa Indra menambahkan, agenda kerja kelima adalah terus menerus meningkatkan upaya edukasi, sosialisasi pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Satgas menyepakati agar para kepala daerah menjadi teladan dalam mengajak dan menjelaskan kepada masyarakat supaya tetap tenang, waspada dan menjaga kesehatan.

Pada Minggu (15/3) mulai Pkl 08.00 Wita akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh Bali. Di tempat-tempat umum yang akan dipimpin oleh Bupati/Walikota.

Untuk di Provinsi akan dipimpin langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, mengambil tempat di Pantai Sanur/Penyebrangan ke Nusa Penida. (Rindra Devita/balipost)