10 SMP Gelar UNBK
Siswa saat mengikuti simulasi UNBK. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tahun ini 76 SMP di Denpasar akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada April 2020 medatang. Dari jumlah itu, 59 sekolah menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan sisanya masih menggunakan pansil atau Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kabid Pelaksana SMP, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar A.A. Gede Wiratama menyatakan itu, Selasa (3/3). Menurutnya, ujian SMP akan dilaksanakan 21-23 April yang diikuti 12.754 peserta dari 76 sekolah. Sebanyak 59
sekolah sudah resmi melaksanakan ujian menggunakan sistem UNBK, sisanya memakai sistem UNKP.

Dari 59 sekolah tersebut, 12 merupakan SMP negeri yang sudah bisa melakukan ujian dengan UNBK, sisanya sekolah swasta. Sebanyak 9.868 siswa ikut UNBK dan 2.886 mengikuti UNKP. Jumlah ini sesuai sekolah yang sudah melaksanakan UN kecuali SMPN 13 Denpasar yang belum memiliki kelas III.

Baca juga:  Polresta Kerahkan Intel Pantau Pergerakan Teroris

Pihaknya akan menggelar simulasi pada 9-10 Maret nanti. Simulasi diadakan di masing-masing sekolah untuk membiasakan siswa menggunakan komputer menjelang ujian. Namun, beberapa yang masih meminjam komputer di sekolah lain dengan radius terdekat akan melaksanakan simulasi di tempatnya ujian. (Asmara Putra/balipost)