Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Jika sebelumnya orang yang ingin mengikuti turnamen kartu harus mendatanginya secara fisik, kini cukup memiliki smartphone atau komputer. Perkembangan teknologi telah membawa digitalisasi game ke tingkatan baru.

Antara lain, pengembang telah menemukan solusi mengintegrasikan mata uang kripto dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) ke dalam game sambil mempertahankan tradisi industri. Salah satu game yang paling dinanti di tahun 2021 adalah GUNOX oleh Gameology.

Pengembang ini telah berhasil menciptakan lingkungan berteknologi tinggi dengan peningkatan kemampuan untuk mendapatkan penghasilan dalam domain virtual. “Kami berupaya membagikan hal istimewa tentang platform ini dan alasan kelayakannya untuk mendapat perhatian para gamer,” demikian pernyataan dalam rilisnya, Jumat (5/11).

Apa itu GUNOX

GUNOX adalah game kartu generasi baru yang dibuat oleh tim platform dari Australia, Gameology.  Perwakilan proyek ini berencana meluncurkan game ini di platform G-Platform.

Tim GUNOX mendapat inspirasi dari permainan kartu klasik UNO yang berarti “satu” dalam bahasa Spanyol. Permainan kartu UNO diciptakan seorang tukang cukur Amerika bernama Merle Robbins pada awal 1970-an. Di awal 90-an, dia menjual hak ciptanya kepada Mattel, yaitu perusahaan pemilik merek UNO.

Permainan kartu yang paling mirip dengan UNO adalah Mau-Mau.  Di beberapa wilayah, permainan ini juga menggunakan nama 101 atau Pharaoh.

Tim Gameology telah menghembuskan kehidupan baru ke UNO dengan mengubah permainan lama ini menjadi proyek berteknologi tinggi, yaitu GUNOX. Platform ini telah dibangun untuk lingkungan virtual.

Baca juga:  Batas Pemberlakuan Karantina Wilayah Italia Berakhir Awal Mei, Selanjutnya Apa?

Dalam VR, tim berupaya menambahkan beberapa keunggulan pada permainan ini, di antaranya adalah:

– Prinsip desentralisasi sebagai inti dari proses. Game ini dibangun berdasarkan blockchain. Teknologinya mengamankan keaslian data dan anti-rusak. Dengan menggunakan teknologi blockchain, pengembang membuat proses permainan game ini menjadi transparan.
– Kumpulan hadiah “GUNO” akan diakumulasikan dalam native token Gameology – GMYX. Di masa depan, pengembang berjanji untuk menambahkan mata uang kripto baru. Selain itu, pemain akan dapat membuat kumpulan hadiah dalam mata uang kripto dengan kapitalisasi tertinggi, termasuk mata uang dari pertukaran mata uang kripto populer yaitu Binance Coin, BNB.
– GUNOX tidak memiliki batasan pada taruhan. Gamer memutuskan sendiri volume kumpulan hadiah.
– Platform ini mendukung NFT. Pengembang memperhatikan fakta bahwa beberapa kartu GUNOX dijual sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan di marketplace populer, yaitu OpenSea. Koleksi NFT akan muncul di versi final dari game ini. Bahkan, kartu-kartu itu akan memiliki tujuan khusus.
– Game GUNOX memiliki akses ke peluang tambahan untuk menghasilkan uang. Misalnya, pengguna dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga koleksi NFT. Juga, gamer memiliki akses untuk mendapatkan peluang di simulator penambangan G-MINER yang kompatibel dengan GUNOX yang memungkinkan untuk mendapatkan token GMYX yang dapat digandakan hingga 2x dengan menekan tombol “2X” yang muncul secara acak di akhir prosedur penambangan.

Baca juga:  COVID-19 Diduga Menyebar 2 Bulan Sebelum Ditemukan di Wuhan

Di lingkungan GUNOX, pemain dapat membuat lobi yang namanya akan diusulkan oleh pengguna. Untuk mendukung serunya kompetisi, platform ini akan menerbitkan tabel turnamen dengan pemain terbaik.

Selain itu, pemain GUNOX akan dapat berkomunikasi satu sama lain. Pengembang menyediakan sistem obrolan, yang memungkinkan gamer mendiskusikan turnamen akan datang dan menyetujui volume kumpulan hadiah.

Fitur khas lain dari GUNOX adalah ketersediaan alat membuat tribun untuk penggemar dan penonton. Pemain akan dapat membagikan undangan dalam bentuk tautan yang akan diarahkan ke kursi penonton virtual untuk menyaksikan permainan.

Di masa depan, pengembang juga akan memperbesar jumlah yang tersedia di alat GUNOX yang diyakini akan menempatkan proyek ini menjadi salah satu pemimpin di industri game. Tim Gameology juga menekankan akan ada turnamen reguler di lingkungan virtual dengan kumpulan hadiah yang substansial.

Cara bermain GUNOX

Karena GUNOX adalah permainan kartu, pembuatan dek kartu adalah salah satu tahap utama dalam pengembangan proyek ini. Dek terdiri dari kartu unik yang memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan dari nilainya di pasar NFT.

Dek terdiri dari 70 kartu, yaitu 60 kartu dengan angka dan tindakan dan 10 kartu khusus.

Prinsip utama game GUNOX adalah bermain sampai kartu terakhir. Pemain harus membuang semua kartu yang ada di tangan.

Baca juga:  Hanoi Minta Warga Berada di Rumah, Layanan Non Esensial Dihentikan

Cara bermainnya, dibutuhkan minimal 2 pemain. Setiap pemain mendapat 7 kartu. Kemudian, sistem membuka satu kartu dari dek yang akan berfungsi sebagai awal dari kartu permainan. Sistem memilih pemain untuk memimpin.

Pemain perlu menutupi kartu dari tangannya yang memiliki warna, angka, atau simbol yang sama. Jika seorang pemain tidak memiliki kartu seperti itu di tangan, dia mengambil satu kartu dari dek dan meletakkannya di atas meja. Jika kartu cocok, kartu itu bisa masuk ke tumpukan kartu buangan. Jika tidak, pemain kedua masuk ke permainan.

Ada juga aturan tambahan. Misalnya, kartu dengan nomor yang sama dapat dibuang sekaligus. Aturan ini tidak berlaku untuk kartu dengan warna yang sama.

Di GUNOX, ada juga kartu dengan tindakan yang dapat mengubah jalannya permainan. Misalnya, ada beberapa kartu di meja yang dapat mengubah warna kartu apa pun di tangan, sehingga pemain dapat membuang kartu tanpa mengambil lebih banyak kartu dari dek.

Ada juga “tindakan” lainnya, misalnya, kartu “Save GUNOX” membuat lawan mengambil 3 kartu dari dek jika dia hanya memiliki satu kartu di tangan.

Gameplay GUNOX bisa disaksikan di https://cdn.gameologycrypto.com/news/IMG_3071.MP4

Peluncuran GUNOX versi beta direncanakan pada 5 November 2021. Jangan lewatkan kesempatan menjadi yang pertama berpartisipasi dalam game blockchain terhebat berskala besar ini dengan kumpulan hadiah tak terbatas. (Adv/balipost)

BAGIKAN