Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Saat perayaan Hari Banyu Pinaruh, Minggu (31/1), umat Hindu Gianyar diperkirakan bakal melakukan tradisi membersihkan diri atau panglukatan ke Pura Tirta Empul. Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana Kamis (28/1) menekankan dalam perayaan Banyu Pinaruh, masyarakat Gianyar wajib menaati protokol kesehatan (prokes).

Terkait rangkaian ritual Banyu Pinaruh di Pura Tirta Empul, Polres Gianyar sudah berkoordinasi secara terus menerus dengan prajuru adat setempat di Desa Adat Manukaya. “Di sana sudah ditetapkan Standard Operational Procedure (SOP) terkait menghadapi perayaan Banyu Pinaruh,” ucapnya.

Baca juga:  Penularan Makin Akut, India Catatkan Rekor Korban Jiwa dan Kasus COVID-19 Harian Global

AKBP Dewa Adnyana menjelaskan di Pura Tirta Empul sudah dipersiapkan tujuh pintu. Jadi masyarakat Gianyar yang akan melakukan tradisi panglukatan sudah diatur sedemikian rupa,” ucapnya.

Masyarakat yang akan melakukan kegiatan Penglukatan selalu dibatasi. Setiap masuk, ke areal tempat panglukatan maksimal hanya 15 orang. “Waktu dalam melakukan penglukatan sudah diatur guna menghindari kerumunan,” tegasnya.

Kapolres Gianyar meyakinkan masyarakat yang akan melalui pintu masuk di Pura Tirta Empul juga harus mengikuti protokol kesehatan. Ini termasuk dilakukan pengukuran suhu badan pemedek.

Baca juga:  Naik Lagi, Kasus Baru di Atas 90 Orang

Polres Gianyar bersama unsur TNI dan Satgas COVID-19 Kabupaten Gianyar, termasuk unsur adat, akan melakukan pengawasan selama 24 jam. Pengawasan dimulai sehari sebelum Banyu Pinaruh sampai besoknya. “Polres Gianyar akan menugaskan personil mem-back up pengawasan di Pura Tirta Empul,” ucapnya.

Dengan masih adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19, Kapolres Dewa Adnyana menghimbau masyarakat Gianyar melakukan panglukatan di rumah saja saat Banyu Pinaruh. Untuk menghindari kerumunan, kegiatan panglukatan bisa dilaksanakan di rumah. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Tempat Relokasi Pasar Umum Sukawati Mulai Digarap
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *