Gede Suyasa. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Dalam update terbaru terkait penanganan COVID-19 di Buleleng, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd, Jumat (10/4) juga mengonfirmasi adanya warga Buleleng positif COVID-19 dirawat di RS Bali Mandara

Ia mengutarakan hal ini setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Bali. Dalam kasus ini, yang bersangkutan berstatus sebagai Import Case (IC) karena memiliki riwayat berpergian ke luar negeri sebagai ABK kapal pesiar.

Baca juga:  Kabupaten Ini, Selain Sumbang Kasus Harian Terbanyak Juga Tambahan Korban Jiwa COVID-19

Dari koordinasi itu, pasien ini mengalami gejala mengarah COVID-19 ketika di-screening di Bandara Ngurah Rai, Tuban. “Karena gejala itu, tim covid bandara langsung merujuk agar yang bersangkutan menjalani tahapan pengobatan di Rumah Sakit Bali Mandara di Denpasar,” jelasnya.

Terkait penanganan lanjutan, Suyasa menyebut, pasien yang bersangkutan akan tetap dirawat di rumah skait awal di mana yang bersangkutan berobat. Sedangkan, menyangkut data, pihaknya berjanji akan berkordinasi kembali, sehingga data kasusnya menjadi jelas apakah dicatat di Satgas COVID-19 Provinsi Bali atau dicatat di kabupaten.

Baca juga:  Puluhan Puskemas di Buleleng Dijatah APD

Penegasan data ini penting, karena setelah diketahui sebagai kasus IC, tim gugus tugas kabupaten belum melakukan tracing kepada pihak yang memiliki riwayat pernah berinteraksi. “Sepertinya untuk pengobatan masih di rumah sakit awal, dan kalau data kasusnya akan kami komunikasikan lagi biar tidak simpang siur, sebab catatan kasus di daerah kita sampai sekarang terkonfirmasi positif 1 dan tambahan PDP yang menunggu tes swab kedua,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Gulirkan Germas Hidup Sehat 2019, Diskes Bali Genjot Konsumsi Buah dan Sayur
BAGIKAN