Prajurit Yonif Mekanis 741 mendonorkan darahnya. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan prajurit Yonif Mekanis 741/GN mengikuti donor darah guna membantu ketersediaan darah di Jembrana, Selasa (7/4). Stok darah ini untuk hadapi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jembrana.

Palang Merah Indonesia (PMI) Jembrana mempersiapkan skenario guna memenuhi kebutuhan permintaan pasokan darah menjelang bulan puasa dan lebaran. Terlebih di tengah musibah pandemi virus corona (COVID-19).

Kepala UTD PMI Jembrana, Anak Agung Ngurah Made Avatara Sadhaka mengatakan dari pengalaman, permintaan stok darah ke PMI kerap mengalami lonjakan saat mendekati Idul Fitri. Karena itu memang ada kekhawatiran pasokan berkurang saat permintaan tinggi nanti.

Baca juga:  Kisruh Pembangunan Politeknik KP Pengambengan, Jual Besi untuk Talangi Upah Pekerja

Apalagi di tengah kondisi tak normal pandemi corona. PMI juga mengakui adanya penurunan jumlah pendonor darah usai diberlakukannya kebijakan social distancing. Sehingga PMI Jembrana melakukan upaya jemput bola ke institusi salah satunya Yonif Mekanis 741/GN.

Danyonif Mekanis 741/GN Letkol Inf Hendra Saputra mengatakan kebutuhan darah merupakan hal mendesak berkaitan dengan jiwa seseorang di rumah sakit. Masyarakat mempunyai peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup. “Kami dari Yonif Mekanis 741/GN turut membantu dan mengambil peran dengan donor Darah, ” ujarnya.

Baca juga:  Hari Juang TNI, Kodam Udayana Targetkan Seribu Kantong Darah

Dari hasil donor darah yang dilakukan oleh prajurit, terkumpul43 personel. “Kami berharap darah ini bisa dimaksimalkan penggunaannya oleh PMI serta dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Hendra. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN