TABANAN, BALIPOST.com – Dalam sehari setidaknya ada tiga kejadian pohon tumbang di lokasi berbeda terjadi di wilayah Kabupaten Tabanan, Senin (2/12). Meski bukan termasuk kategori bencana kedaruratan, namun frekuensi kejadiannya meningkat di musim kemarau..

Berdasarkan data BPBD Tabanan, kejadian pertama berlokasi di Banjar Sigaran, Desa Jegu, Kecamatan Penebel. Pohon jenis waru tumbang menutupi setengah badan jalan dan menimpa kabel PLN.

Beruntung tak ada warga yang melintas saat kejadian. Selanjutnya 8 orang petugas TRC BPBD Tabanan dibantu Bhabinkamtibmas dan masyarakat mengevakuasi pohon agar tidak menghalangi lalu lintas jalan.

Lokasi pohon tumbang kedua terjadi di jalan By-pass Ir. Soekarno Tabanan tepatnya depan Apotek Kimia Farma. Pohon perindang jenis kayu mahoni menutupi setengah badan jalan. Kejadiannya pukul 09:30 Wita.

Usai mendapatkan laporan TRC pun meluncur ke lokasi melakukan evakuasi, agat tidak menghambat arus lalu lintas yang kerap padat kendaraan tersebut.
“Pohon tumbang juga terjadi di desa Timpag Kerambitan, dan baru dilaporkan sore hari. Jenisnya pohon kayu bengkel posisinya nyender ke jalan. petugas sudah langsung meluncur ke sana, beruntung ketiga kejadian ini tidak sampai ada korban jiwa,” terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widyatmika.

Baca juga:  Warga Diminta Waspadai Kebakaran Lahan dan Hutan

Untuk pohon tumbang yang di Desa Jegu, lanjut kata Trisna, karena bebannya berat dan tanah labil. Sementara yang terjadi di By Pass Soekarno dikarenakan ranting pohon lapuk.

Terkait banyaknya kejadian pohon tumbang, Trisna menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat melintas di jalan, khususnya yang banyak pohon perindang. Begitupun saat hujan disertai angin kencang, pengendara diminta untuk berhenti mencari tempat yang aman terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk meminimalisir kejadian pohon tumbang di jalur utama, BPBD Tabanan rutin melakukan kegiatan perompesan pohon perindang. Di tengah keterbatasan alat yang dimiliki, kegiatan perompesan pohon perindang di jalur utama biasanya menggandeng pihak ketiga. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.