Saya sangat mengapresiasi langkah Pemprov Bali yang secara terencana dan serius untuk memperjuangkan desa adat sebagai penguatan peradaban Bali. Langkah terukur yang dilakukan mudah-mudahan mendapat apresiasi pusat dan setidaknya mendapat dukungan pusat.

Saya pribadi optimis, perjuangan mendapatkan perhatian khusus dalam kepentingan menjadi Bali ke depan tercapai. Saya juga yakin Gubernur Bali Wayan Koster mampu membahasakan kedudukan dan kepentingan Bali di pusat. Selain karena memiliki pengalaman yang lama di Senayan tentu Gubernur Wayan Koster juga memiliki kolega yang mendukung.

Harapan lainnya, agar legislator asal Bali yang kini berkantor di Senayan secara total juga mendukung perjuangan Gubernur Wayan Koster dalam upaya mendapat dukungan dari pemerintah pusat dalam memperkuat masyarakat  adat.

Baca juga:  BI Imbau Pemda Percepat Serapan Fiskal

Ke depan, pemberdayaan masyarakat adat di Bali jangan dianggap sebagai tanggung jawab penduduk Bali saja, tetapi tanggung jawab negara. Masalahnya, keberadaan tradisi dan tetap tumbuhnya budaya Bali telah memberikan inspirasi pengembangan pariwisata nasional.

Pada dasarnya, saya sangat berharap Bali mendapatkan perhatian khusus. Mudah-mudahan dengan bersatunya semua pemikiran dan komitmen menjaga Bali, kita bisa hidup damai dan sejahtera dalam wadah NKRI.

Wayan Arsana

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.