Saluran irigasi yang tersumbat sampai merusak jalan di seputaran Banjar Taman tepatnya di pertigaan menuju Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Saluran irigasi tersumbat di seputaran Banjar Taman, yakni di pertigaan menuju Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu. Sumbatan saluran ini terjadi sejak setahun lalu sehingga merusak akses jalan. Dinas PUPR Gianyar yang menerima laporan ini sudah menerjunkan petugas untuk melakukan survei.

Menurut Klian Banjar Taman, Nyoman Leko, saluran tersebut pernah diperbaiki, namun hanya untuk membersihkan penyumbatnya. “Begitu hujan lagi, saluran tersebut tersumbat sampah yang hanyut di saluran irigasi,” katanya, Rabu (27/11).

Kondisi itu menyebabkan suplai air ke subak di wilayah Semebaung mengecil, sebab air banyak yang terbuang percuma pada sumbatan tersebut. Imbasnya, jalan berlubang. Padahal akses tersebut sangat penting, karena menuju objek wisata Goa Garba dan Candi Tebing Tegalinggah. “ Harapan saya, ada perbaikan dengan memperbesar saluran irigasi yang menuju ke arah Pura Samuan Tiga,” ujarnya.

Baca juga:  Dikeluhkan, Jalan Poros Warnasari Rusak

Kadis PUPR Gianyar Wayan Karya saat dimintai konfirmasinya membenarkan kerusakan jalan tersebut. Pihaknya sudah menerjunkan tim survei untuk menilai tingkat kerusakannya.

Ia memastikan saluran irigasi tersebut segera diperbaiki dengan memperbesar volumenya sehingga tidak tersumbat lagi. “Seminggu ini kami kerjakan. Peralatan dan rekanan yang kami tunjuk sudah siap. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” sebutnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.