Direktur BRSU Tabanan dr. Nyoman Susila. (BP/san)

TABANAN, BALIPOST.com – Pasien penyakit kanker khususnya di Bali Barat kini lebih mudah menjalani perawatan utamanya kemoterapi. Itu karena BRSU Tabanan sudah memiliki layanan untuk pengobatan kanker berupa Poliklinik Hemato Onchology Medik.

Direktur BRSU Tabanan dr. Nyoman Susila menyatakan, layanan Poliklinik Hemato Onchology Medik dibuka sejak 1 November 2019 lalu. Hingga saat ini tercatat 83 pasien kanker yang menjalani perawatan di layanan ini. “Layanan perawatan kanker yang dilakukan adalah kemoterapi,” jelasnya, Senin (25/11).

Selain untuk mendekatkan layanan pengobatan kanker ke masyarakat, layanan ini diadakan karena BRSU Tabanan merupakan RS kelas B Pendidikan dan sebagai inovasi karena saat ini untuk layanan JKN spesialis dasar dialihkan ke RS tipe D atau C.

Baca juga:  Untuk Kemoterapi di RSUP Sanglah Widiantara Menunggu Dua Bulan

Pelayanan poliklinik kanker ini sudah lengkap karena BRSU Tabanan telah memiliki satu dokter subspesialis hemato onchologi, ruangan, alat dan obat-obatan. Sebelumnya pasien harus dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar, untuk penegakan diagnosis. “Jika dalam diagnosis ini pasien memerlukan tindakan kemoterapi, dirujuk kembali ke BRSU Tabanan,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini sebenarnya pihaknya sudah bisa menegakkan diagnosa pasien kanker dan perlakuan pengobatan apa yang diperlukan. Agar layanan ini ditanggung JKN tanpa harus merujuk pasien ke RSUP Sanglah terlebih dahulu melainkan bisa langsung ditegakkan diagnosanya di BRSU Tabanan, pihaknya sedang mengurus prosesnya. “Saat ini kami menunggu visitasi dari BPJS Pusat. Semoga bulan depan bisa terlaksana,” tandas  Susila. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.