Pembangunan infrastruktur, pembangunan tempat parkir perlu ditambah untuk mengatasi kemacetan karena membeludaknya pamedek tangkil ke Pura Besakih. Haruskah dibuat bertingkat? perlu menjadikan pertimbangan.

Membeludaknya pamedek dan parkir kendaraan hanya terjadi setahun sekali, sepuluh tahun sekali (Panca Wali Krama)/saat saat piodalan. Yang perlu diperhatikan dan ditambah adalah kantong-kantong tempat parkir yang selama ini lahan parkir banyak dikuasai masyarakat/pribadi dengan memungut ongkos parkir.

Masih banyak lahan kosong milik masyarakat untuk dapat dijadikan tempat parker, sehingga tidak harus membangun parkir bertingkat (tidak efisien). Pembangunan gedung parkir bertingkat lantai empat tidak akan menambah keasrian kawasan Pura Besakih, justru sebaliknya bisa jadi disalahgunakan mengingat penggunaannya incidental, tidak setiap hari.

Baca juga:  Panca Wali Krama Besakih Usai, Masih Ada Jenazah Belum Diambil di BRSU Tabanan

Yang perlu dilakukan adalah menambah, memperbanyak kantong-kantong parkir, meningkatkan, memperbaiki manajemen perparkiran sehingga dapat mengurangi kemacetan.

Anak Agung Gede Alit

Gg. Guaksa, Denpasar

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.