DENPASAR, BALIPOST.com – Ganjar Pranowo terpilih kembali menjadi Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dalam Munas XIII, Jumat (15/11). Ganjar terpilih untuk periode kepemimpinan 2019-2024 setelah dua calon lainnya, Budi Karya Sumadi dan Anwar Sanusi sepakat menyetujui pemilihan Ganjar.

Sebelumnya, pada pagi harinya Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi membuka Munas. Budi Karya mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan hadir. “Saya berharap dalam Munas XIII ini, Kagama bukan hanya mengkonsolidasi organisasi. Tetapi mengkonsolidasi gagasan, memunculkan pemikiran-pemikiran terbaik untuk kemajuan dan kejayaan bangsa,” ujar Budi Karya.

Pasalnya, Indonesia sebagai negara besar dikatakan memiliki tantangan yang besar pula. Mulai dari bonus demografi yang bisa menjadi bencana kalau tidak mampu mengelola SDM usia produktif, hingga revolusi industri 4.0 yang penuh dengan kejutan.

Kagama harus hadir memberi manfaat sekaligus menjadi simpul bangsa dalam merajut persatuan ditengah kebhinekaan. “Alumni UGM juga beragam dari segi suku, agama, budaya dan bahasa. Mengabdi dalam profesi berbeda-beda. Tetapi dalam keragaman itu, alumni UGM pasti ingat untuk selalu memegang teguh nilai-nilai yanh didapat di UGM,” imbuhnya.

Baca juga:  Pertengahan November, Kagama Gelar Munas ke-13 di Bali

Menurut Budi Karya, UGM telah menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang membuat alumninya saling menjaga, membangun toleransi, dan menjadi simpul persatuan. Satu lagi yang sangat penting adalah nilai-nilai kerakyatan, yang menjadi jati diri Kagama.

“Seluruh anggota Kagama untuk selalu menjadi garda terdepan menggalang sinergi untuk Indonesia maju. Tidak boleh lagi berjalan sendiri-sendiri,” jelasnya.

Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo mengatakan sebelum Munas telah dilaksanakan kegiatan Pra Munas berupa seminar-seminar. Antaralain membahas tentang SDM, mulai dari me-match-kan pendidikan dengan industri, bonus demografi, kesehatan, stunting dan SDM maju yang disiapkan sejak dalam kandungan hingga tenaga kerja.

Menurut Ganjar, Munas juga merumuskan Garis-garis Besar Haluan Kagama dalam kaitan membangun organisasi. Pembukaan Munas XIII Kagama juga dihadiri Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Gubernur Bali Wayan Koster. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.