GIANYAR, BALIPOST.com – Salah satu ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 1 Gianyar adalah Pramuka. Ambalan Dharmawangsa Srikandi, nama gugus ini, telah banyak mengukir prestasi di beberapa kegiatan yang diselenggarakan di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Dengan nomor gugus depan 02-129 dan 02-130, Ambalan Dharmawangsa Srikandi ini merupakan wadah bagi para siswa dalam belajar kemandirian, keberanian dan sikap rela berkorban. Selain itu ada beberapa poin lagi yang menjadi pedoman dari anggota Pramuka.

Semua sikap pribadi mandiri tersebut tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka. Nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka ini wajib dimiliki sebagai bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pramuka, siswa juga belajar untuk tidak membuat besar suatu masalah yang kecil, belajar saling menerima, sikap mengalah, dan saling mengerti.

Pradana Terpilih, I Gede Janitra Rad Winatha mengatakan, berbagai prestasi ditorehkan Ambalan Dharmawangsa Srikandi di beberapa kegiatan lomba. Seperti juara 1 Lomba Keterampilan Baris Berbaris dalam Festival Keterampilan Bahari II Daerah Bali Tahun 2015, sekaligus sebagai juara umum Festival Keterampilan Bahari II Daerah Bali Tahun 2015.

Baca juga:  Bupati Suwirta Minta Siswa Tanamkan Sikap Gema Santi di Sekolah

Juara 1 lomba Tari Kreasi Semaphore dalam Festival Keterampilan Bahari II daerah Bali tahun 2015. Juara 2 lomba cerdas Tangkas Bahari tahun 2015, Juara Umum SSC (Sea Scout Competition) tahun 2017.

Selain itu, prestasi yang diraih diantaranya juara 2 Lomba Cerdas Tangkas Bahari 2015, juara 2 Lomba Keterampilan Baris Berbaris SSC (sea scout Competition) tahun 2017, dan juara 2 Lomba Keterampilan Baris Berbaris SSC (sea scout Competition) tahun 2017.

Selain itu, Ambalan Dharmawangsa Srikandi juga membuat sebuah lomba yang disebut dengan Malini Scout Championship (MSC) yang diadakan setiap tahunnya di Agustus. Peserta dari lomba MSC ini adalah seluruh Pramuka Penggalang (pramuka tingkat SMP) Se-Provinsi Bali. Setiap tahunya MSC selalu menghasilkan juara juara baru dan kejutan-kejutan baru tiap tahunya. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.