DENPASAR, BALIPOST.com – Terkait penataan Pelabuhan Benoa, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyebutkan, pelabuhan Benoa ini sangat penting. Tetutama berkaitan dengan pariwisata.

Sebab, hampir setiap bulan, ada sebanyak dua kali kapal cruise singgah dengan penumpang lebih dari 1000 orang. “Benoa sangat penting, terutama berkaitan dengan tourism karena hampir setiap bulan ada kapal cruise itu datang ke sini. Bayangin kalau mereka datang sebulan dua kali berarti ada 2.500 lebih dan itu memang harus ditangani,” katanya saat melakukan kunjungan kerja ke pelabuhan Benoa, Jumat (15/11).

Pada kesempatan tersebut, Menhub yang didampingi Gubernur Bali Wayan Koster, Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dan Dirut Pelindo III Doso Agung memberikan support penuh kepada pemda untuk mengembangkan Pelabuhan Benoa. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali yang mendukung pembangunan Benoa.

Dari pengembangan ini, 51 persen itu untuk hutan kota dan 49 persen untuk yang lain. Seperti untuk cruise, untuk curah cair untuk perikanan dan kontainer. Sehingga ini menjadi lengkap, baik itu untuk dermaga penumpang khususnya turis, maupun untuk logistik juga bagus.

Baca juga:  Sepuluh Tahun Menjabat, Pastika Sebut Belum Berhasil Wujudkan Ini

Dikatakannya, saat ini Pelindo III selaku pengelola Pelabuhan Benoa, sudah mempersiapkan dermaga yang baik, layanan yang baik. Ke depan, pihaknya berharap pengembangan akan lakukan lebih profesional sehingga Bali sebagai destinasi wisata tambah hebat. “Tadi saya lihat Pelindo III dan Gubernur Bali sudah menata Benoa bagus,” ujarnya.

Sementara Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, konsep dari pengembangan Pelabuhan Benoa ini sebelumnya sudah dibahas bersama dengan pihak Pelindo III. Bahkan semua desain sudah disetujuinya dan sudah sesuai dengan harapan.

Karena kosep penataanya sangat ramah lingkungan. “Desainnya sudah final, dan sudah ditandatangani serta dipublish ke masyarakat,” bebernya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.