DENPASAR, BALIPOST.com – Kehadiran aplikasi mobile PRODenpasar+ semakin menguatkan positioning Kota Denpasar sebagai Smart City atau Kota Cerdas. Super Apps yang dikembangkan dengan berbagai fitur untuk pelayanan publik dalam satu genggaman ini juga bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi, tidak hanya bagi jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kota (Pemkot) Denpasar tapi juga bagi warga kota.

“PRODenpasar+ bisa jadi sumber inovasi bangun OPD membangun aplikasi dan saluran serta sumber inspirasi bagi warga Kota,” kata Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Bidang Pengelolaan Smart City Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo) Pemerintah Kota Denpasar Dewa Ngakan Ketut Rama Sanjaya, Rabu (13/11).

Ia menjelaskan PRODenpasar+ yang merupakan singkatan dari Pelayanan Rakyat Online Kota Denpasar adalah perangkat lunak sistem pelayanan aspirasi, keluhan dan Informasi warga secara real time. Pengguna dapat mengakses layanan publik di Kota Denpasar, melaporkan keluhan dari mana saja dan kapan saja menggunakan Smartphone berbasis Android dan IOS.

Rama menjelaskan, sampai saat ini aplikasi PRODenpasar+ sudah di-download kurang lebih sebanyak 10.000 kali oleh masyarakat. Jika melihat angka ini, ia mengaku bahwa masih kurang lagi 50 persen karena target sebenarnya bisa di-download sebanyak 20.000 kali atau minimal 10 persen dari jumlah penduduk Kota Denpasar.

Beragam Fitur

Beragam fitur dihadirkan dalam aplikasi ini. Fitur utama aplikasi ini adalah Pengaduan Online.

Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur pendukung untuk memberikan akses pelayanan publik secara simple, mudah, cepat, akurat dan real time kepada warga.

Ada fitur Panggilan Darurat 112 yang memudahkan warga membutuhkan pertolongan dalam kondisi darurat. Fitur Live CCTV memberikan pantauan kondisi lalu lintas terkini di sejumlah ruas jalan di Kota Denpasar.

Selanjutnya ada fitur informatif yakni Lowongan Pekerjaan yang memudahkan para pencari kerja mengakses informasi peluang kerja secara online dari berbagai posisi dan perusahaan. Fitur Harga Pasar menampilkan informasi bahan pokok dan komoditas lainya di sejumlah pasar di Denpasar, seperti di Pasar Kreneng dan Pasar Badung.

Fitur Perijinan mempermudah warga untuk mengurus perizinan secara online pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar. Fitur Antrean Capil memberikan akses layanan terkait kependudukan.

Selanjutnya fitur Damakesmas memberikan informasi terkait pelayanan kesehatan, warga juga dapat memonitor mobil ambulance terdekat. Bagi warga yang ingin mencari data disediakan fitur Pusat Data yang memuat data dari berbagai kategori di Kota Denpasar.

Warga juga dimudahkan dalam melaporkan kasus KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) atau kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan fitur Lapor Kekerasan PA. Sementara fitur Safe City Denpasar juga memudahkan warga melaporkan berbagai hal atau kejadian yang berkaitan dengan keamanan, ketertiban maupun lingkungan hingga mendapatkan informasi bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

Baca juga:  Usai Kuningan, Bus Sekolah Denpasar akan Diuji Coba

Pada fitur Portal Denpasar warga dapat mengakses informasi dan berita terkini di Kota Denpasar.

Aplikasi ini juga ramah dengan para penyandang disabilitas. Terbukti dengan adanya fitur Portal Disabilitas sebagai pintu gerbang informasi, komunikasi antar kelompok disabilitas dengan masyarakat umum, masyarakat yang membutuhkan jasa keahlian disabilitas, perusahaan penyedia pekerjaan serta pemerintah.

Warga juga bisa dimudahkan untuk membayar tagihan rekening air PDAM Kota Denpasar melalui fitur Tagihan PAM. Selanjutnya ada fitur Portal Desa Kelurahan untuk mencari informasi di desa/kelurahan masing-masing warga.

Dalam aplikasi PRODenpasar+ ini juga ada salah satu aplikasi atau menu yang khusus terkait dengan pariwisata yakni Denpasar Sightseeing. Aplikasi Denpasar Sightseeing ini berisi informasi seputar destinasi wisata dan hal-hal menarik untuk dilakukan dan dikunjungi di Kota Denpasar.

Aplikasi PRODenpasar+ ini juga dilengkapi fitur City Tour yang menampilkan informasi dan peta titik-titik objek wisata dalam Denpasar City Tour yang dapat dikunjungi wisatawan. Aplikasi PRODenpasar+ juga berkolaborasi dengan sejumlah instansi lainya menghadirkan layanan atau aplikasi mereka terintegriasi di aplikasi ini.

Misalnya pada fitur Bayar Online, pengguna akan terhubung langsung dengan aplikasi BPD Bali Mobile yang memudahkan penggunanya untuk melakukan beragam layanan dan transaksi perbankan melalui smartphone.

Sejak September 2018 Aplikasi PRODenpasar+ juga telah menambah fitur atau layanan baru yakni Wadah Pelayanan Adyaksa (Wayan Adyaksa) bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Denpasar.

Fitur Wayan Adyaksa dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai pelayanan hukum secara online, serta menjadi produk kerja unggulan antara Pemkot Denpasar dan Kejari. Terdapat 4 fitur layanan meliputi pengantar layanan barang bukti tilang, info perkara, pengaduan masyarakat, dan layanan hukum.

Aplikasi PRODenpasar+ juga teritegrasi dengan aplikasi Sidarling Denpasar yang merupakan aplikasi mobile untuk Operator Bank Sampah di Kota Denpasar. Yakni melakukan menajemen data transaksi tabungan sampah dari masyarakat.

Dalam mewujudkan layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang cepat, sistematis dan bebas biaya, PRODenpasar+ juga diintegrasikan dengan aplikasi i-PBB.

Fitur informatif lainnya dalam Aplikasi PRODenpasar+ ini berupa Info Denpasar yang terdiri atas Info DBB (memberikan informasi mengenai waspada dan edukasi pencegahan demam berdarah), Agenda Denpasar (berisi informasi agenda sejumlah event yang belangsung di Kota Denpasar), serta Info Penting. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.