Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bagi sebagian orang, uang receh seperti tidak ada artinya. Meski nilainya kecil, sebaiknya jangan meremehkannya.

Uang receh dalam jumlah besar justru sangat berguna untuk memudahkanmu memenuhi kebutuhan. Setiap uang pasti ada nilainya. Jadi, tetap hargai uang receh yang kamu punya karena jika dikumpulkan ternyata uang receh punya berbagai manfaat ini. Kira-kira apa saja manfaatnya? Simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Ditukarkan dengan Uang Kertas

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kamu sering sekali mendapatkan uang receh. Umumnya, uang receh ini merupakan uang kembalian usai membeli sesuatu atau membayar jasa. Ketika mendapatkan uang receh, sebaiknya jangan pernah meremehkannya. Uang ini tetap ada nilainya dan bisa ditukarkan menjadi uang kertas agar lebih mudah membawa ataupun menyimpannya.

Kamu bisa mengumpulkannya sampai cukup banyak dan layak untuk ditukarkan. Kamu bisa menukarnya di warung, minimarket, atau koperasi, yang umumnya membutuhkan uang receh sebagai uang kembalian untuk pembeli.

2. Membayar Parkir

Manfaat uang receh berikutnya adalah bisa untuk membayar parkir. Kamu bisa membayar parkir dengan lebih mudah jika punya uang receh. Umumnya, harga parkir senilai Rp2 ribu bisa dibayar dengan uang receh yang terkumpul. Lagipula, tidak mungkin membayar parkir dengan pecahan yang besar. Pemakaian uang receh untuk membayar parkir juga sangat praktis dan cepat.

3. Digunakan untuk Keperluan Mendadak

Siapa sangka nantinya kamu punya keperluan mendadak dan sangat mendesak. Hal ini bisa ditangani dengan uang receh. Jika biasanya kamu jarang mempunyai uang cash dalam jumlah banyak, kebutuhan mendesak soal finansial bisa dipenuhi dengan uang receh yang sudah terkumpul.

Jika kamu mengumpulkan uang receh yang dimiliki, jumlahnya akan lumayan banyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kamu tidak perlu repot harus mengambil uang di rekening atau menukarkan uang pecahan besar.

Baca juga:  Apa Zodiakmu? Simak Arti Sukses untuk Setiap Zodiak

4. Dikumpulkan sebagai Tabungan

Menabung merupakan suatu kebiasaan positif yang perlu diterapkan sejak dini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Saat ini juga, kamu bisa mengubah kebiasaan menjadi lebih baik. Kebiasaan menabung bisa dimulai dengan menabung menggunakan uang receh di celengan. Jika demikian, uang receh akan terkumpul dengan aman dan tidak hilang entah ke mana.

Uang receh yang terkumpul bisa menjadi tabungan masa depan jika sudah terkumpul banyak. Setelah celengan penuh, kamu bisa membongkarnya dan menghitungnya untuk kemudian ditabung di bank.

5. Berinvestasi

Selain untuk menabung, uang receh juga bisa menyelamatkan kebutuhan finansial di masa depan dengan jalan investasi. Uang receh bisa digunakan untuk berinvestasi. Caranya adalah kumpulkan saja uang receh sejak sekarang dan rutin mengumpulkannya. Jika sudah terkumpul, kamu bisa membeli instrumen investasi atau membeli barang investasi, seperti rumah, apartemen, mobil.

6. Bersedekah

Sebagai manusia yang beriman, sudah seharusnya saling tolong menolong dalam kebaikan. Jika ada sesama yang membutuhkan, kamu bisa menyedekahkan uang receh kepada mereka. Jika belum mampu bersedekah dalam jumlah besar, kamu bisa memulainya dengan uang receh di kantongmu. Bantuan ini sangat berarti untuk mereka.

7. Koleksi Pribadi

Apakah kamu gemar mengoleksi barang-barang antik? Uang receh bisa menjadi salah satunya. Kamu dapat mengoleksi uang receh terbitan beberapa tahun silam yang sudah jarang beredar. Hal ini bisa menjadi koleksi berharga untuk diwariskan kepada anak cucu mengenai pecahan uang yang pernah beredar.

Banyak manfaat dari uang receh yang kamu kumpulkan. Kamu bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Jika mempunyai recehan, sebaiknya kumpulkan saja siapa tahu akan membutuhkannya. Lama-lama, uang receh yang terkumpul bisa jadi besar nilainya. Mulailah dari sekarang untuk memanfaatkan uang receh. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.