DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster menutup Festival Seni Bali Jani di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (8/11). Selama dua minggu sejak dibuka 26 Oktober lalu, festival ini telah mewujudkan cita-cita, harapan, dan mimpi bersama seluruh pekerja kreatif.

Utamanya kaum milenial yang sudah tumbuh menghidupkan khazanah seni modern dan kontemporer di Bali. “Dalam 14 hari, kita bersama menyimak 13 jenis lomba yang melibatkan 264 peserta, 4 jenis workshop dengan 212 peserta. Kita mengapresiasi, kita menikmati suasana yang gaul, bersahaja, gokil sedemikian rupa dalam 39 pagelaran melibatkan 1725 seniman dan pelaku kreatif di seluruh Bali,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan “Kun” Adnyana.

Tak hanya itu, lanjut Kun, Festival Seni Bali Jani juga didukung 50 perupa yang menyajikan karya-karya besar seni rupa dalam bentuk mural, film, fotografi dan desain komunikasi visual. Kemudian berbagai hidangan atau kuliner kreatif melibatkan 100 peserta.

Baca juga:  Banyak Terlibat Tindak Pidana, Perampok Asal Rusia Ternyata Anggota Transnational Organize Crime

Ada pula sarasehan dengan 207 peserta dari budayawan, seniman, dan Dirjen Kebudayaan RI, serta 4 kali dialog budaya melibatkan 212 peserta. “Kami mengelola penyelenggaraan ini dengan melibatkan 2905 orang,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil survey internal dengan menyebar 400 kuesioner, Kun menyebut Festival Seni Bali Jani paling banyak diketahui masyarakat dari media sosial. Alasan masyarakat mengunjungi festival ini mayoritas karena ingin menonton pagelaran.

Lebih dari 90 persen menyatakan puas dengan materi festival, termasuk pagelaran, lomba, workshop, dan sarasehan. “Dalam 14 hari, rata-rata dikunjungi 1800 orang kecuali pembukaan, karnaval of the rock di tanggal 6 dan penutupan hari ini. Jadi, kami tabulasi sekitar 50 ribu penonton atau pengunjung memberi apresiasi terhadap Festival Seni Bali Jani,” jelasnya. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.