Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap orang pasti punya mimpi untuk memiliki rumah idamannya sendiri. Jika tak bisa dibeli lunas, memperoleh rumah impian lewat jalur KPR pun sama sekali tak masalah. Bagi Anda yang berniat beli rumah dengan KPR, sebaiknya kumpulkan dana untuk uang mukanya dari sekarang.

Enam tips dari Swara Tunaiku ini bisa Anda ikuti, agar tabungan tak ludes saat mengumpulkan uang mukanya nanti.

1. Tentukan Rumah yang Akan Dibeli Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa mengumpulkan uang muka KPR tanpa bikin tabungan ludes, adalah dengan menentukan rumah yang akan dibeli. Dengan menentukan rumah yang akan dibeli ini, Anda akan bisa mengestimasi harga rumah, termasuk uang muka yang perlu dibayarkan. Semakin strategis lokasi rumah, biasanya uang muka serta harganya juga lebih tinggi.

Untuk bisa mendapat lebih banyak referensi terkait rumah yang dibeli dengan KPR, Anda bisa mendatangi acara pameran properti. Pada pameran ini, Anda akan dapat menemukan banyak tawaran KPR, dari harganya yang paling murah hingga paling mahal. Nah, sepulangnya dari pameran tersebut, Anda bisa mempertimbangkan dengan matang, rumah mana yang akan dibeli.

2. Kelola Keuangan dengan Sedemikian Rupa

Agar tabungan tak selalu habis dikarenakan harus membayar cicilan KPR setiap bulannya, Anda harus pintar dalam mengelola keuangan. Buat daftar kebutuhan yang memang benar-benar vital keberadaannya untuk Anda dan tekan pengeluaran, dengan menahan diri membeli barang yang tak berguna. Dengan begini, uang muka untuk KPR bisa dikumpulkan tanpa menghabiskan tabungan.

3. Cari Penghasilan Tambahan dengan Melakukan Pekerjaan Sampingan

Agar uang muka KPR bisa didapatkan tanpa harus mengusik tabungan, usahakan untuk mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini akan mempercepat terkumpulnya uang muka untuk KPR. Cari pekerjaan sampingan dengan gaji yang lumayan, serta tak mengganggu pekerjaan pokok Anda selama ini. Dengan begitu, pemenuhan kebutuhan sehari-hari pun tak akan terganggu.

Baca juga:  BTN Siap Bangun 666 Ribu Rumah Murah

Sebagai contoh, Anda yang bekerja sebagai karyawan kantor, bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat berdagang. Jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal memasak, tak ada salahnya Anda berjualan aneka camilan di kantor Anda. Jika sekiranya memungkinkan, pasarkan juga camilan Anda secara online, agar konsumen serta pemasukan tambahan jadi semakin banyak.

4. Sisihkan Lebih Banyak Uang untuk Ditabung

Jika biasanya Anda hanya menabung 10 persen dari pendapatan Anda, tingkatkan lagi menjadi 20 hingga 30 persen. Hal ini dilakukan untuk mempercepat terkumpulnya uang untuk uang muka KPR. Hindari pengeluaran untuk hal yang tak begitu Anda butuhkan, lalu alihkan dananya untuk ditabung.

Lihat saja, cara ini akan membuat uang muka KPR akan terkumpul lebih cepat.

5. Investasi Emas, Deposito, atau Reksadana

Untuk dapat mengumpulkan uang muka KPR tanpa bikin tabungan jebol, Anda sebaiknya berinvestasi. Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan keadaan keuangan, misalnya dengan investasi emas, deposito, atau pun reksa dana. Nantinya, keuntungan dari investasi yang telah Anda lakukan ini, bisa dijadikan tambahan dana untuk keperluan membayar uang muka rumah dari KPR.

Salah satu cara agar rumah impian bisa Anda dapatkan adalah dengan membelinya lewat KPR. Untuk membeli rumah KPR, tentu saja Anda butuh menyiapkan sejumlah dana sebagai uang muka terlebih dahulu. Jangan sampai nantinya tabungan Anda ludes, untuk membayar uang mukanya ini. Anda bisa mengikuti 6 tips di atas, agar uang muka KPR bisa terkumpul dengan cepat. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.