Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR,BALIPOST.com – Dalam dunia kerja, Anda tentu menginginkan bisa dengan lancar menaiki jenjang karier. Semakin tinggi jenjang karier, akan semakin banyak ilmu serta bayaran atas pekerjaan yang Anda lakukan.

Namun, untuk dapat mencapai posisi yang diinginkan, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk Anda yang tak ingin kariernya stagnan, baiknya biasakan 6 sikap ini di dunia kerja. Apa saja? Simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Keluar dari Zona Nyaman 

Jangan biarkan diri terjebak dalam zona nyaman. Terlalu nyaman akan membuat Anda lupa untuk upgrade diri dan kemampuan. Buat target baru dalam pekerjaan yang Anda garap, sehingga nantinya Anda akan lebih memacu diri untuk bisa mencapainya.

Bahkan pada saat keluar dari zona nyamanlah, pikiran Anda bisa mengeluarkan lebih banyak ide brilian yang selama ini terpendam. Jika biasanya Anda bisa menyelesaikan satu pekerjaan saja dalam waktu 1 jam, coba upgrade jumlahnya jadi dua pekerjaan.

Maksimalkan kemampuan dalam diri, serta hal di sekitar untuk mewujudkan hal tersebut. Pikirkan dengan matang strategi yang bisa Anda gunakan. Memiliki pikiran anti mainstream atau out of the box, akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikannya.

2. Tingkatkan Kualitas Komunikasi dengan Rekan Kerja 

Saling menjatuhkan bukanlah hal yang tabu dalam sebuah pekerjaan. Untuk dapat menghindarinya, sekaligus agar pekerjaan bisa lebih bagus ke depannya, jalinlah komunikasi yang baik dengan rekan kerja Anda.

Komunikasi ini bukan hanya dengan atasan saja loh, namun juga dengan para bawahan Anda. Terjalinnya komunikasi akan buat Anda makin bersinergi dengan mereka semua.

3. Biasakan untuk Bekerja Terorganisasi

Agar target pekerjaan bisa dicapai tepat pada waktunya dan bagus hasilnya, sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk bekerja terorganisasi. Buat planning sedemikian rupa, agar pekerjaan yang Anda lakukan bisa maksimal.

Baca juga:  7 Tips Amankan Hari Tua, Biar Kamu Tak Menyesal

Hindari juga kebiasaan bekerja hanya saat deadline sudah mendekat. Jika pekerjaan yang Anda lakukan sempurna, peluang naiknya jenjang karier makin terbuka.

4. Miliki Jaringan yang Luas 

Agar karier semakin berkembang, jangan ragu untuk memperluas jaringan atau link Anda. Relasi tak hanya bisa didapatkan di kantor tempat Anda bekerja saja, tetapi juga di luarnya.

Biasakan untuk aktif dalam pertemuan bersama dengan komunitas profesional, khususnya profesi yang sama dengan Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan kerja sama dengan lebih banyak orang di luar sana.

5. Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim

Bukan hal mudah sebenarnya untuk bekerja sama, terutama jika rekan yang Anda punya dalam tim memiliki pikiran yang berbeda dengan Anda. Namun, jadikan itu sebagai latihan agar Anda jadi lebih memahami dinamika dalam sebuah kelompok.

Pastikan semua pendapat yang diutarakan anggota tim dihargai, lalu diskusikan dan pertimbangkan bersama keputusan yang akan diambil.

6. Catat Semua Ide yang Muncul di Pikiran

Ide bisa datang kapan saja, bisa saat Anda tengah menyantap makan siang atau bahkan saat Anda sedang berada di dalam toilet. Nah, pastikan untuk selalu mencatat ide brilian yang muncul di pikiran Anda ini.

Jangan biarkan ide tersebut terlupakan begitu saja, padahal sebenarnya bisa digunakan untuk membuat pekerjaan Anda lebih sempurna dan maksimal hasilnya.

Banyak orang yang mengeluhkan kariernya yang stagnan, walau telah bekerja dalam waktu lama. Pihak yang sering kali disalahkan tentu saja adalah perusahaan. Namun, pernahkah terpikir di benak Anda jika penyebab mandeknya karier disebabkan karena Anda tak mau upgrade diri? Nah, daripada terus-terusan menyalahkan atasan, lebih baik ikuti 6 tips di atas agar karier bisa menanjak. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.