Seorang pedagang tengah melayani pembeli di Unit Pasar Gunung Agung, Denpasar, Rabu (6/11). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – PD Pasar Denpasar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung pasar rakyat. Upaya ini dilakukan dengan merevitalisasi pasar yang sudah ada. Bahkan, pasar baru tak luput dari program penataan ini. Seperti Pasar Gunung Agung akan ditambah bagian atapnya, sehingga pedagang dan pengunjung lebih nyaman bertransaksi.

Direktur Umum PD Pasar Denpasar A.A. Ngurah Yuliarta ditemui Rabu (6/11), menyatakan, revitalisasi Pasar Gunung Agung sudah digarap sejak seminggu lalu. Revitalisasi dengan dana swadaya pedagang ini ditargetkan selesai akhir November ini.

Sesuai permintaan dan kebutuhan pedagang pelataran, Pasar Gunung Agung direhab pada bagian atapnya. Artinya, ada penambahan atap dengan dana swadaya pedagang yang mencapai Rp 1 miliar.

Sebelumnya, pedagang di pasar tersebut mengajukan usulan untuk melakukan renovasi atap ke PD Pasar. “Meski menggunakan dana swadaya dari pedagang, secara regulasi memerlukan persetujuan dari PD Pasar. Pengajuan sudah kami terima,” ujarnya.

Baca juga:  Hilangkan Suasana Angker, ''Setra'' Desa Adat Kesimpar Ditata

Revitalisasi hanya meliputi bagian atap yang berada di belakang bangunan, sedangkan bangunan tidak ada perubahan. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pedagang pelataran dan pedagang bermobil pada malam hari. Mereka menginginkan tempatnya berjualan lebih representatif, tidak kehujanan atau kepanasan. Di samping itu, dari segi estetika pasar akan terlihat lebih tertata, karena tidak lagi harus memasang tenda.

Sebanyak 116 pedagang yang bergabung ikut swadaya, terdiri atas 53 pedagang bermobil dan 63 pedagang ikan. RAB yang dirancang mencapai Rp 919 juta dengan pembangunan dilakukan melalui pola kemitraan swadaya dan swakelola oleh pedagang. (Asmara Putra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.