Mungkin hari Minggu yang telah lewat ini banyak krama Bali bersyukur, karena hujan telah mulai turun. Saya sendiri merasa sangat senang ketika sore harinya langit mulai mendung dan malamnya hujan rintik-rintik sudah turun.

Itu artinya kesejukan akan terasa di Bali. Turunnya hujan di Bali merupakan harapan banyak pihak setalah berbulan-bulan hari terasa panas dan gerah. Cuaca yang melebihi suhu biasanya membuat pohon-pohon banyak mati dan sejumlah bukit terbakar. Ini tentu memprihatinkan kita semua.

Kini, setelah hujan turun saya berharap pemerintah kabupaten/kota tanggap bencana. Artinya, setelah hujan hari pertama banyak tanah longsor terjadi, maka kesigapan petugas bencana alam harus dibangun.

Tak hanya itu, peralatan juga harus disiapkan. Sarana dan prasarana untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga harus diatensi. Jangan sampai kita gagap mengantisipasi bencana saat musim hujan.

Tak hanya itu, kebersihan lingkungan juga harus dijaga. Ini untuk menekan wabah Deman Berdarah (DB). Mudah-mudahan musi hujan ini membawa berkah bagi alam Bali, bukannya menimbulkan bencana baru. Mari jaga alam Bali dan mulailah menanam pohon saat musim hujan.

I Gede Sumadina

Tabanan-Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.