NEGARA, BALIPOST.com – Krisis air bersih kini semakin meluas. Krisis air terjadi di wilayah Tukadaya, Manistutu dan Pengambengan.

Krisis air yang berkepanjangan tersebut membuat prihatin Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa.
Kapolres Jembrana memerintahkan Kasat Shabara Polres Jembrana AKP I Made Suwandra Sabtu (2/11) pagi untuk membagikan air bersih dengan kendaraan water cannon.

Kapolres mengatakan kegiatan penyaluran bantuan air bersih ini dilakukan secara terus menerus dan menyasar daerah yang warganya mengalami krisis air bersih.

Dengan bantuan air bersih ini diharapkan mampu meringankan beban warga. “Kami lakukan di Banjar Katulampo, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya,” ujar Kapolres Jembrana Jembrana.

Aksi sosial yang dilakukan Polres Jembrana ini mendapat respons positif dari masyarakat. Pihaknya berharap bantuan air bersih ini terus berlanjut. “Setiap ada bantuan air bersih tidak sampai di daerah kami ini. Terpaksa kami membeli air untuk minum satu ember besar dengan harga Rp 40 ribu di tetangga yang masih ada airnya karena punya sumur bor,” kata Luh Widani warga Banjar Katulampo, Desa Manistutu saat menunggu embernya penuh diisi air oleh petugas kepolisian.

Baca juga:  Warga Desa Patemon Kesulitan Air Bersih

Kasat Shabara Polres Jembrana AKP I Made Suwandra seizin Kapolres Jembrana mengaku jumlah air bersih yang dibagikan untuk sekitar seratus lebih warga Banjar Katulampo, Desa Manistutu mencapai hampir 7 ribu liter. “Diharapkan air bantuan tersebut bisa meringankan beban warga yang mengalami krisis air bersih,” kata Made Suwandra.

Sementara itu, Jumat (1/11) Dinas Sosial bersama Tagana Kabupaten Jembrana menyalurkan air bersih untuk warga di Desa Pengambengan Kecamatan Negara.
Air yang disalurkan sebanyak 3 tangki atau 15.000 liter air bersih.

Kepala Dinas Sosial juga sempat turun langsung memantau penyaluran air bersih kepada warga di Lingkungan Dewasa Kelurahan Pendem pada Kamis (31/10).
Secara bertahap air bersih akan disalurkan ke desa-desa yang mengalami kekeringan dengan berkordinasi bersama BPBD Kabupaten Jembrana. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.