Kondisi GOR Mengwi saat ini gersang dan berdebu. Pemkab Badung berencana menyulap GOR ini menjadi venue bertaraf internasional pada 2020 mendatang. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Badung akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV Tahun 2021. Mereka serius mempersiapkan venue bagi kontingen peserta se-Bali. Pemkab Badung memastikan akan merenovasi Gelanggang Olahraga (GOR) Mengwi pada 2020 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung I.B. Surya Suamba menyatakan, GOR Mengwi akan direnovasi mulai Februari tahun 2020. “Tahun depan kami kerjakan, mudah-mudahan prosesnya bisa cepat dan tidak ada kendala,” ujarnya saat dimintai konfirmasinya, Kamis (31/10).

Renovasi GOR Mengwi telah dianggarkan senilai Rp 105 miliar. Anggaran bersumber dari APBD Badung. “Seluruh dana yang dibutuhkan Rp 250 miliar sesuai gambar rencana. Namun, karena anggaran yang tersedia Rp 105 miliar, maka kami prioritaskan dulu untuk bisa melaksanakan Porprov 2021,” jelasnya.

Menurut birokrat asal Tabanan itu, proyek renovasi GOR Mengwi harus rampung dalam satu tahun anggaran. Targetnya akhir Desember 2020 sudah selesai. Jadi, bisa dipergunakan untuk perhelatan Porprov Bali.

Baca juga:  Gubernur Koster Harapkan Ada Terobosan Baru Sumber PAD

Rencananya, GOR Mengwi dengan eksisting saat ini kurang lebih 5 hektar bakal diperluas menjadi 10 hektar. Tribun penonton bakal dibikin melingkar dengan menerapkan single seater sesuai standar internasional. Dengan menerapkan single seater, stadion ini nantinya diperkirakan memiliki kapasitas 10.721 kursi.

Sesuai perencanaan, bagian atap akan menggunakan atap membrane yang berbahan ringan sehingga tidak memerlukan banyak rangka. Atap membrane juga membikin hawa sejuk dan yang terpenting tampilannya lebih modern.

Pemkab Badung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mencontoh salah satunya Stadion Gelora Sriwijaya atau lebih dikenal sebagai Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan. Dinas PUPR sudah melakukan studi banding secara langsung pada Juli 2019 lalu. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.