Kebun Raya Jagatnata memperbanyak koleksi tanamannya jelang dibuka akhir tahun ini. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Kendati masih dalam proses pembangunan hingga Desember mendatang, Kebun Raya (KR) Jagatnatha ditargetkan dilaunching November ini. Sejumlah bangunan dan infrastruktur yang menunjang dalam areal Kebun Raya sudah rampung.

Hanya tersisa pengerjaan pagar di sisi utara dan sisi timur yang masih diperkirakan masih dikerjakan hingga akhir batas pengerjaan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jembrana, I Wayan Sudiarta ditemui Rabu (30/10) mengungkapkan secara umum pengerjaan lanjutan KR Jagatnatha sudah hampir selesai.

Baca juga:  Bupati Artha bersama Forkopimda Sembahyang Pemahayu Jagat di Pura Jagatnatha

Bangunan-bangunan inti seperti gedung kompos dan tiga kolam yang berada di lokasi juga sudah selesai. “Tinggal mengisi air di embung dan kolam di Utara. Rencananya November ini soft launching. Sehingga bisa dibuka untuk umum, meskipun pengerjaan masih dilakukan,” terang Sudiarta.

Pejabat asal Kuta, Badung ini mengatakan meskipun pengerjaan sampai batas akhir Desember, tetapi sejumlah bangunan inti sudah selesai. Hanya tersisa pembangunan pagar batu dan pagar pembatas di belakang (Utara) KR.

Baca juga:  Desa Penghasil Arak dan Sektor Pariwisata Dukung Hari Arak Bali

Begitu juga dengan kolam yang berada di dalam menurutnya tinggal diuji coba untuk diisi air. Diakui untuk mengisi air agak kesulitan karena selain belum memasuki musim hujan, juga dikarenakan pompa lama juga tidak bisa menjangkau air. “Perlu diperdalam lagi pipa pompa air, tapi kita yakin bisa terpenuhi (air),” tambahnya.

Selain itu, yang masih dalam tahap perbaikan adalah Wantilan yang berada di dekat pintu masuk sisi Barat. Wantilan tersebut saat ini masih dalam perbaikan atapnya.

Baca juga:  Pogres Proyek Renovasi Pura Jagatnatha Capai 35 Persen

Kebun Raya ini sesuai perencanaan awal mengusung konsep tematik dengan koleksi tanaman obat-obatan (usadha) dan sarana upakara. Secara umum, baik infrastruktur maupun koleksi tanaman bisa dilihat langsung oleh masyarakat dengan tidak mengesampingkan kesucian Pura Jagatnatha. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *