Wakil Bupati Gianyar A.A. Gde Mayun menerima menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2018. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2018. Ini berarti Pemkab Gianyar berhasil meraih Opini WTP 5 kali berturut-turut.

Penghargaaan Pemerintah RI kepada pemerintah daerah yang meraih Opini WTP atas LKPD tahun 2018, diserahkan oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Bali, Tri Budianto dan diterima oleh Wakil Bupati Gianyar A.A Gde Mayun didampingi Sekdakab Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, di Ruang Rapat Kantor Bappeda dan Litbang Gianyar, Rabu (30/10).

Tri Budianto pada kesempatan tersebut menyatakan apresiasinya pada Pemerintah Kabupaten Gianyar karena telah berhasil mempertahankan Opini WTP dari BPK selama 5 kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak mudah, apalagi dari tahun ke tahun tantangan dari WTP itu semakin berat.

Terlebih, sekarang pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan saja, tapi sudah merambah ke kinerja. “Jadi kami sungguh menyadari perjuangan rekan-rekan di daerah untuk mempertahankan WTP ini, karena memerlukan sinergi, koordinasi yang baik diantara seluruh unsur yang ada di Kabupaten Gianyar,” kata Tri Budianto.

Baca juga:  Delegasi ICNT Bahas Isu Perubahan Lingkungan

Pada kesempatan it,u menurut Tri Budianto, juga diadakan sharing session pelaksanaan anggaran daerah yang bersumber dari APBN.

Sementara itu, Wakil Bupati Gianyar, A.A Gde Mayun menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Gianyar mempertahankan Opini WTP atas LKPD secara 5 kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak terlepas dari arahan dan pendampingan Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Bali sehingga penyaluran dana perimbangan dapat disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran. “Kami menyadari banyak kekurangan dalam pengelolaan keuangan, sehingga kami berharap selalu kerjasamanya sehingga apa yang menjadi tujuan kami yaitu peningkatan kinerja pengeloaan keuangan daerah yang menganut asas kepatuhan terhadap perundang-undangan, transparan dan akuntabel bisa terwujud dan Opini WTP dapat terus dipertahankan,” tegas Wabup Agung Mayun.

Ditambahkan juga, Pemkab Gianyar sangat mendukung program sharing session pelaksanaan anggaran daerah yang bersumber dari APBN. Program tersebut dapat memberikan motivasi untuk dapat mempertahankan Opini WTP, perbaikan serta peningkatan kinerja dalam melaksanakan pengelolaan keuangan yang menganut asas kepatuhan terhadap perundang-undangan, transparan dan akuntabel yang bermuara pada LKPD. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.