DENPASAR, BALIPOST.com – Traveling menjadi kegiatan yang paling menyenangkan karena kita bisa menikmati pemandangan alam, wahana bermain, wisata belanja hingga wisata kuliner. Banyak tempat-tempat dengan wisata kuliner menggiurkan yang wajib Anda coba.

Hanya saja, Anda harus tahu bagaimana cara mengatur pengeluaran makan agar lebih hemat. Yuk, simak ulasan dari Swara Tunaiku berikut!

1. Cari Informasi Restoran yang Akan Dikunjungi

Sebelum memilih restoran atau tempat makan, carilah informasinya terlebih dulu, seperti lokasi, menu yang ditawarkan, desain interiornya, testimoni pengunjung dan lain sebagainya. Apabila kesan yang diberikan baik, Anda bisa memilihnya. Namun, jika sebaliknya, pikirlah lagi untuk mendatangi restoran tersebut.

2. Gunakan Aplikasi Pengecek Harga

Sekarang ini, ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek harga menu makanan di suatu restoran, seperti aplikasi ojek online. Dengan demikian, Anda bisa memilih tempat makan yang murah dan sesuai dengan keinginan.

3. Sarapan di Hotel

Ketika traveling, pastilah menyewa penginapan, seperti hotel. Hampir setiap hotel menyediakan fasilitas merupakan sarapan pagi bagi para tamunya.

Anda bisa memanfaatkan layanan ini karena terkadang harga sarapan di hotel lebih murah dibanding sarapan di luar. Selain itu, Anda tidak perlu ke luar hotel dan mencarinya.

Fasilitas berupa sarapan pagi ini biasanya tergantung dengan paket hotel yang Anda pilih. Jika dihitung-hitung, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika mengambil paket hotel dengan sarapannya. Selain tidak perlu susah-susah mencarinya, Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi menuju restoran.

4. Pilih Hotel yang Dekat Tempat Kuliner

Makan menjadi kebutuhan kita sehari-hari sehingga di mana pun kita berada pasti membutuhkan makan, begitu juga saat traveling. Jadi, ada baiknya jika Anda memilih hotel yang berada dekat dengan tempat kuliner.

Baca juga:  Ini 5 Tips, Jika Telat Bayar Cicilan Pinjaman Online

Namun, ada beberapa tempat kuliner yang justru menawarkan makanan dengan harga lebih mahal jadi Anda harus jeli. Penginapan pelancong atau backpacker biasanya akan dikelilingi tempat-tempat yang jualan makanan murah.

Dengan demikian, Anda bisa memilih sendiri menu makanan yang diinginkan dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya saja daerah Malioboro di Yogyakarta atau daerah Little India di Singapura.

5. Masak di Dapur Penginapan

Beberapa penginapan memiliki fasilitas berupa dapur di mana Anda bisa memasak makanan atau membuat minuman yang diinginkan. Apabila penginapan Anda menyediakan fasilitas ini, manfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Anda bisa membeli bahan-bahan makanan dan memasaknya.

Selain berhemat, cara ini juga bisa memberikan asupan gizi yang lebih sehat dibanding makanan di luaran sana. Apabila Anda berlibur dalam waktu yang cukup lama, misalnya seminggu, Anda bisa menyetok mie instan dan membeli roti beserta selainya untuk jaga-jaga jika nanti kelaparan.

6. Bawa Air Minum saat Bepergian

Sebelum mengunjungi tempat wisata, ada baiknya jika Anda membeli air mineral terlebih dahulu. Tidak apa untuk membelinya dalam jumlah banyak agar bisa jadi persediaan di penginapan sehingga Anda tinggal membawanya nanti jika diperlukan karena harga air minum di tempat wisata pasti akan jauh lebih mahal.

Akan lebih hemat lagi jika Anda membawa botol minum sendiri dan mengisinya dengan air minum di penginapan. Biasanya, pihak hotel atau penginapan menyediakan air minum di galon di dapur atau ruang tamu. Anda bisa membawa botol minum dari rumah agar tidak membuang banyak botol plastik.

Itulah tadi informasi mengenai cara menghemat pengeluaran makan selama traveling. Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk traveling hemat sehingga tidak perlu menunggu gajian, Anda bisa traveling kapan saja. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.