LOMBOK, BALIPOST.com – Memasuki hari kedua Honda Touring “ADV Satu Hati Jelajah Nusantara” Bali-Lombok-Sumbawa, Jumat (25/10), peserta mengeksplorasi empat objek wisata, yaitu Monumen 1.000 Masjid, Desa Sade, Mandalika (Sirkuit MotoGP), Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain mengeksplor keindahan dan keunikan setiap objek, peserta touring juga peduli dengan lingkungan.

Salah satunya dengan membersihkan Pantai Tanjung Aan dari sampah, khususnya sampah plastik. Apalagi pantai tersebut makin banyak dikunjungi wisatawan manca negara karena pasirnya putih, air laut yang tenang dan pemandangan sangat indah karena dikelilingi bukit.

Setibanya di Lombok, rombongan disambut Kepala Wilayah Astra Motor Mataram Budianto, didampingi Maketing Manager Kresna Murti. Seluruh peserta dijamu dengan breakfast.

Budianto juga melepas peserta touring ke objek selanjutnya. Supervisor Marketing Astra Motor Bali, I Gusti Agung Lanang Oka Pradipta menyampaikan, kunjungan pertama yaitu mengunjungi Monumen Seribu Masjid. “Monumen Seribu Masjid ini simbol dari Kota Lombok. Di Lombok dikenal dengan Pulau Seribu Masjid,” ujarnya.

Selanjutnya rombongan touring berjumlah 19 peserta mengunjungi Desa Sade. Alasan dilakukan kunjungan ke sana karena di Desa Sade merupakan suku asli dari Lombok yaitu Suku Sasak.

Di sana, Agung Lanang tinggal sekitar 150 KK yang memiliki tradisi dan adat yang sangat kuat. “Jadi kita coba melihat langsung Suku Sasak itu sendiri dari adat dan budayanya. Tadi kami juga pada saat awal sampai di sana disuguhi Tari Peresean. Seni tari itu cukup unik,” ucapnya.

Baca juga:  Kapal Pelni Kembali Angkut Bantuan Korban Gempa Lombok

Peserta touring juga mendapat kesempatan melihat kehidupan warga Sasak di Desa Sade itu. Wanita harus bisa menenun kain. Ada juga rumah tradisional yang menggunakan kotoran kerbau untuk membersihkan lantainya.

Kunjungan ketiga ke Sirkuit Mandalika karena ini calon sirkuit Moto GP yang rencananya akan diselenggarakan di tahun 2021. “Nah kita coba kunjungi itu. Ya melihat langsung proses pembangunannya,” tandasnya.

Setelah itu mengendarai sepeda motor Honda ADV 150, peserta melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Aan. Selain menikmati view pantai dan bersantai sejenak di Tanjung Aan, peserta touring dari komunitas Honda ADV 150 ini juga melakukan aksi bersih-bersih pantai. “Kenapa kami lakukan itu? Ya, selain having fun dalam acara ini, kami juga ingin memberikan pengaruh positif kepada komunitas peduli juga terhadap lingkungan kita,” ujar Agung Lanang.

Sore harinya perjalanan dilanjutkan menuju Sumbawa melewati Pelabuhan Kahyangan. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.