GHE menggelar GMCEP untuk menciptakan Hotel GM yang kompeten dan sesuai standar internasional. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Global Hospitality Expert (GHE) sebagai lembaga pelatihan profesional kepariwisataan dan perhotelan yang bernaung di bawah PT Global Hospitaliti Ekspertis (PT GHE) kembali menyelenggarakan kegiatan GM Capacity Enhancement Program (GMCEP) pada Jumat (25/10). GMCEP diikuti oleh 10 peserta yang menyiapkan dirinya menuju posisi Hotel General Manager yang kompeten berdasar standar internasional.

Pelatihan berlangsung selama 12 hari setiap Jumat dan Sabtu. President Director GHE Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA., menjelaskan, semua jajaran Board of Director (BOD) GHE telah mengantongi sertifikat keahlian memimpin industri hotel secara internasional. “BOD tersebut juga sekaligus proctor dalam program GMCEP ini. Selain materi yang memang disesuaikan dengan standard dan kebutuhan secara internasional, para proctor yang bersertifkat CHA dari AHLEI ini memang memiliki pengalaman dan kemampuan untuk men-delivery materi-materi tersebut. Sehingga peserta pelatihan ini mendapatkan wawasan yang komprehensif bukan hanya dari buku materinya saja namun juga berinteraksi dengan para hotel expert kami dalam memecahkan persoalan-persoalan yang mereka hadapi ataupun hal yang belum dipahami,” jelasnya.

Dalam pelatihan menuju posisi General Manager dipaparkan 10 modul yang strategis wajib dikuasai seorang pimpinan hotel, meliputi Manajemen Operasional Kamar, Manajemen Makanan dan Minuman, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Kepemimpinan, Optimalisasi Pendapatan, Mengelola dan Memenuhi Harapan Investor, Mengelola Insentif, Membangun Manajemen dan Strategi Perusahaan.

Baca juga:  Tahun Politik, Jeli Bidik Peluang Pariwisata di 2019

Director of Operations GHE K. Swabawa, CHA. mengatakan, GHE selalu membatasi jumlah peserta dalam pelatihan seperti ini. Karena proses pembelajarannya membutuhkan konsentrasi tinggi sebab terdapat berbagai disiplin ilmu yang harus dipelajari oleh 1 orang calon General Manager.

Berdasarkan pengalaman dari batch sebelumnya, program GM Course dikatakan berhasil membantu dalam mewujudkan jenjang karir yang lebih tinggi dari para peserta. Ada yang sudah menjadi Resort Manager, Hotel Manager dan juga General Manager.

Komisaris GHE Ramia Adnya mengatakan, seiring dengan program pemerintah yang memprioritaskan pembangunan kualitas SDM, program-program semacam ini diharapkan mampu mendorong percepatan pencapaian tujuan tersebut. “Kami dari GHE sejak awal berkomitmen dalam upaya akselerasi peningkatan kualitas SDM khususnya industri kepariwisataan dan perhotelan ini. Selain pendidikan vokasi yang telah mendapatkan atensi dan prioritas dari pemerintah, kami di swasta mengambil peran lainnya yang tidak kalah pentingnya juga yakni mendidik dan melatih para calon GM ini. Sehingga Indonesia lebih banyak memiliki para GM yang berasal dari orang lokal Indonesia,” imbuhnya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.