Petugas BPBD Karangasem memantau lokasi kebakaran hutan di lereng Gunung Agung, Senin (21/10). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Musim kemarau panjang terus memicu terjadinya kebakaran di wilayah Kabupaten Karangasem. Lahan hutan di lereng Gunung Agung kembali diamuk si jago merah. Kali ini lahan yang terbakar ada di wilayah Dusun Bhuana Kusumu, Desa Dukuh dan di wilayah hutan Batudawa, Desa Tulamben, Kubu.

Menurut Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa, kebakaran lahan hutan di lereng Gunung Agung wilayah Batudawa berada di ketinggian 1.300-1.600 meter di atas permukaan laut. Tim Karhutla sudah melakukan usaha pemadalam api secara manual. Karena tiupan angin cukup kencang, maka tidak memungkinkan melakukan pemadaman ke atas sebab sangat berisiko. “Petugas terus melakukan pemantauan,” ujarnya, Senin (21/10).

Baca juga:  Rumah Warga di Lokapaksa Roboh Disapu Angin Kencang

Sementara di Dusun Bhuana Kusumu, Desa Dukuh, Kubu, luas lahan yang terbakar mencapai tiga hektar. Lokasi kebakaran sulit dijangkau, angin kencang dan asap tebal. Untuk itu, petugas hanya bisa melakukan pemantauan. “Lokasi kebakaran jauh dari jalan dan permukiman warga,” tambah Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.