Suasana pembukaan berkas formasi CPNS oleh Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara (tengah), Senin (21/10). BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 dimulai. Pelaksanaan tahapan ini diawali dengan penetapan formasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Pemkot Denpasar dijatah 364 formasi CPNS tahun 2019 ini.

Keseluruhan formasi terdiri atas 43 tenaga kesehatan, 117 formasi tenaga teknis dan 204 formasi tenaga pendidikan. Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara menyatakan hal itu di kantornya, Senin (21/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BKPSDM Kota Denpasar I Wayan Sudiana, pimpinan OPD, dan instansi terkait di lingkungan Pemkot Denpasar.

Sekda Rai Iswara yang didampingi Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai menyatakan, pihaknya akan melakukan dengan transparan dan terbuka sehingga pelaksanaan proses seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku. Seluruh informasi dapat ditanyakan langsung ke BKPSDM Kota Denpasar, sehingga informasi yang didapat masyarakat benar dan sesuai dengan aturan.

“Kami berharap pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 ini dapat berjalan sesuai dengan prosedur secara transparan, terbuka, kompetitif serta objektif guna mewujudkan ASN yang kompeten,” ungkap Rai Iswara.

Menurutnya, yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana insan pers dapat membantu menginformasikan yang dibingkai dengan pengawalan sehingga hal ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. “Tanpa peran media kegiatan ini mustahil bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, kami titip kepada media untuk menginformasikan kepada masyarakat luas,” sebutnya.

Baca juga:  Badung Tunggu Penetapan KLB Dari Gubernur Terkait Kebijakan Pariwisata

Kepala BKPSDM Kota Denpasar I Wayan Sudiana mengungkapkan, pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 pada prinsipnya mengedepankan sistem seleksi yang kompetitif, terbuka, transparan, objektif dan tidak dipungut biaya. Kendati formasi telah ditetapkan, jadwal resmi pendaftaran dan tahap selanjutnya masih menunggu juknis dan juklak dari Kemenpan RB dan dasar hukum Permenpan RB. “Saat ini kami hanya mengumumkan formasi sesuai Surat Kemenpan RB. Tahapan selanjutnya akan diumumkan kembali setelah ada juknis dan juklak serta Permenpan RB,” tandasnya.

Formasi CPNS Tahun 2019 sedianya dibagi dua yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus diperuntukkan lulusan terbaik, Diaspora, putra Papua, dan disabilitas yang formasinya ditentukan Pemerintah Pusat. Jadwal pembukaan lowongan diperkirakan 25 Oktober, pendaftaran dimulai November, seleksi administrasi dan pengumuman administrasi pada Desember 2019. Setelah itu ada masa sanggah hingga Januari 2010. Pemkot Denpasar mendapat jatah formasi CPNS sebanyak 364 orang dari 459 formasi yang diusulkan sebelumnya. (Asmara Putra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.