Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Crafting atau kerajinan tangan selama ini hanya dikenal sebagai hobi semata. Namun, jika sekiranya bidang ini Anda tekuni dengan sepenuh hati, Anda bisa menjadikannya sumber pendapatan tambahan atau bahkan utama.

Anda bisa memulai bisnis di bidang crafting dengan keahlian yang Anda miliki. Jenis bisnis crafting ini pun beragam. Ini dia beberapa rangkuman dari Swara Tunaiku!

1. Scrapbook

Saat ini, bukan zamannya lagi menyimpan foto di album biasa. Salah satu kreativitas dalam hal penyimpanan foto ini adalah dalam bentuk scrapbook. Scrapbook sendiri terlihat menawan, dengan pilihan kertas yang unik, ditambah dengan aksesori menarik yang ditempel di dalamnya. Selain itu, terdapat juga untaian kalimat, yang makin menambah makna setiap momen yang diabadikan.

Tema dari scrapbook yang Anda buat bisa divariasikan. Mulai dari tema pernikahan, ulang tahun, kelulusan, wisuda dan lain sebagainya. Manfaatkan media sosial, untuk mempromosikan scrapbook yang telah Anda buat sebelumnya. Jika Anda terbilang masih baru dalam hal bisnis ini, cukup buat scrapbook berdasarkan pesanan yang telah Anda terima sebelumnya.

2. Tas, Sweater, dan Syal Rajutan

Semakin hari, bisnis tas rajutan semakin diminati oleh banyak orang. Tak hanya sekadar untuk membawa barang saja, tetapi tas rajutan juga dianggap sebagai bagian dari fashion si pemakai. Makanya, tak mengherankan jika satu orang bisa memiliki banyak tas rajutan dalam berbagai warna dan desain. Anda bisa memanfaatkan tingginya animo akan tas rajutan ini, sebagai peluang bisnis.

Untuk desainnya, Anda bisa mempelajarinya dari beragam video tutorial yang telah banyak dibagikan orang-orang di platform Youtube. Jika sekiranya Anda punya kreativitas lebih, Anda bisa membuat tas rajutan, berdasarkan desain yang Anda ciptakan sendiri. Anda juga bisa menambahkan produk hasil rajutan lain seperti syal atau sweater rajut, dalam usaha rajutan Anda.

Baca juga:  Idealnya Berapa Jumlah Rekening Tabungan? Simak Ulasannya

3. Kerajinan dari Tanah Liat

Hasil kerajinan tangan selanjutnya yang bisa Anda pasarkan adalah produk yang terbuat dari tanah liat. Umumnya, kerajinan tanah liat ini banyak digemari oleh kalangan atas. Mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan barang dengan estetika tinggi, seperti produk dari tanah liat ini. Anda bisa langsung menjual produk tanah liat yang sudah jadi atau pun menerima pesanan terlebih dahulu.

4. Aksesori Hijab

Popularitas hijab saat ini memang begitu tinggi. Terbukti dari banyaknya selebriti yang membuka usaha di bidang hijab ini. Nah, jika Anda tak punya cukup uang untuk berbisnis hijab, lebih baik mulai saja dulu dengan berbisnis aksesorisnya. Anda bisa membuat bros atau peniti dengan desain yang unik, yang tak hanya membantu saat mengenakan hijab, tetapi juga menambah pesonanya.

5. Produk dari Kain Flanel

Produk yang terbuat dari kain flanel tak pernah ketinggalan zaman. Anda bisa membuat banyak produk dari kain flanel ini, mulai dari dompet, gantungan kunci, boneka, dan lainnya. Modalnya pun tak begitu banyak, karena memang harga kain flanel lumayan terjangkau. Transformasikan kain flanel menjadi produk yang bernilai jual, agar Anda bisa mendapatkan pemasukan.

Itulah tadi 5 jenis bisnis yang bisa Anda mulai, bermodalkan hobi Anda di bidang crafting atau kerajinan tangan. Hobi yang semula hanya untuk menyenangkan hati Anda saja, malah berubah jadi sumber pemasukan Anda. Jangan mudah berhenti, jika sekiranya di permulaan bisnis crafting ini, produk Anda belum begitu dinikmati. Maksimalkan kualitas dan promosi produk, agar produk Anda semakin diminati. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.