Wakil Presiden, KH Maruf Amin memberikan sambutan pada acara peluncuran buku "The Maruf Amin Way" di Jakarta, Kamis (3/10/2019). (BP/ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Hingga pukul 10.30 WIB, pengumuman nama-nama menteri di Kabinet Kerja II masih belum dilakukan Presiden Joko Widodo. Padahal, Jokowi usai pelantikan Presiden RI periode 2019-2024, menyatakan bahwa dirinya akan memperkenalkan nama-nama menterinya pada Senin ini.

Diduga, pengumuman Kabinet Kerja II dan nama-nama menteri yang menjadi pembantu dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin pada 2019-2024 akan dilakukan Rabu (23/10). Sebab, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, pada hari ini bertolak ke Jepang.

Ma’ruf Amin ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan Kaisar Jepang, Naruhito. Dikutip dari Kantor Berita Antara, agenda pelantikan Kaisar Jepang berlangsung pada Selasa (22/10) pukul 13.00 waktu setempat. Usai pelantikan, Wapres Ma’ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 waktu setempat.

Baca juga:  APK di Tiga Kabupaten Ini Dipantau KPU Bali

Kunjungan kerja ke Jepang merupakan agenda dinas luar negeri pertama Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden periode 2019-2024. Dalam kunjungan itu, Wapres Ma’ruf turut didampingi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, istrinya, Wury Ma’ruf Amin, dan Gayatri Dewi Oemar.

Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya, Kaisar Akihito, yang memutuskan untuk melepas jabatannya karena faktor usia dan kesehatan. Dalam konstitusi Jepang, kaisar tidak memiliki kekuatan politik dalam pemerintahan Negeri Sakura tersebut. Tugas resmi kaisar sebagian besar dikendalikan oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.