Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto memberikan sambutan saat syukuran HUT ke-74 Korps Zeni Angkatan Darat . (BP/ist)

DENPASAR,BALIPOST.com – Syukuran HUT ke-74 Korps Zeni Angkatan Darat (AD) dilaksanakan di Mako Zidam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar Selatan, Sabtu (19/10) lalu. Melalui perayaan tahun ini diharapkan Korps Zeni mampu mewujudkan yudha karya satya bhakti, yakni mengabdi dengan kesetiaan terhadap tugas di masa perang dan damai demi keberhasilan tugas pokok TNI AD. Selain itu, anggota dan keluarga besar Korps Zeni diimbau bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) dan tidak menyebarluaskan berita hoax.

Tugas pokok Zeni Kodam IX/Udayana adalah membantu serta membuat penilaian-penilaian dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan fungsi Zeni yang meliputi konstruksi, destruksi barang tak bergerak dan mengajukan saran, usul atau pertimbangan kepada komando atas.

Acara HUT tersebut dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P. Pada kesempatan itu, Pangdam mendoakan agar Korps Zeni dapat menjadikan HUT tahun ini sebagai sarana introspeksi dan evaluasi terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu satu tahun terakhir. Selain itu, dapat menjadi sumber inspirasi sekaligus memotivasi semangat pengabdian segenap warga Korps Zeni. Dengan demikian mampu mewujudkan makna sesanti yudha karya satya bhakti tersebut.

“Warga Korps Zeni harus meningkatkan kualitas dan kemampuan masing-masing personel agar dapat memberikan kinerja terbaik guna mendukung tugas pokok satuan. Kualitas dan kemampuan diri hendaknya disertai dengan kemantapan kepribadian setiap personel yang dilandasi loyalitas dan disiplin tinggi,” ujar Benny Susianto.

Baca juga:  Karena Ini, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Dikumpulkan

Menurut Pangdam, tidak kalah pentingnya upaya untuk lebih mempererat hubungan kedekatan dengan rakyat. Apalagi Satuan Zidam dan Yonzipur 18/YKR dalam hal ini berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Menjalin kebersamaan dengan rakyat sangat dibutuhkan dalam rangka membangun TNI yang solid, profesional, modern, tangguh, berwawasan kebangsaan dan dicintai rakyat.

Direktur Direktorat Zeni Angkatan Darat (Dirziad) Brigjen TNI M. Munib, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Kazidam IX/Udayana Kolonel Czi Cahyadi Amperawan pada intinya menyatakan tentang tema HUT ke-74 Korps Zeni AD yaitu “Profesionalitas Prajurit Zeni, Kebanggaan TNI AD”. Profesionalitas tentu identik dengan kemampuan untuk melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas dan fungsi masing-masing secara optimal.

Dirziad mengajak untuk selalu cerdas dalam mencermati situasi yang berkembang di setiap pelaksanaan tugas dan mengharapkan warga Zeni dapat meningkatkan kesadaran. Di samping itu, bijak dalam penggunaan media sosial dengan tidak menyebarluaskan dan menanggapi berita hoax, serta mengedepankan pengamanan berita yang berkaitan dengan kepentingan TNI AD. “Soliditas dan sinergitas TNI, Polri, masyarakat beserta seluruh stakeholders lainnya merupakan pondasi yang fundamental bagi kokoh tegaknya kedaulatan NKRI,” katanya.

Sebagai wujud rasa syukur, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kazidam IX/Udayana yang diberikan kepada prajurit termuda anggota Zidam, Prada I Putu Gilang Bawana. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.