DENPASAR, BALIPOST.com – Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak di Kota Denpasar akan dilaksanakan tanggal 27 Oktober mendatang. Untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif terkait pilkel tersebut, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan mengundang calon perbekel untuk mengikuti deklarasi damai Pilkel Serentak 2019 untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dilaksanakan di Mapolresta Denpasar, Jumat (18/10).

Kapolresta me-warning perbekel terpilih supaya jangan sampai terlibat korupsi dana desa. “Kalau nanti mereka terpilih akan menjadi pemimpin desa dan mendapat anggaran atau dana desa. Gunakanlah anggaran tersebut untuk pembangunan di desanya, misalnya bikin jembatan dan lainnya. Jangan dipakai untuk kepentingan pribadi, kalau itu terjadi pasti kami akan melakukan penyelidikan terkait Undang-undang Tindak Pidana Korupsi,” tegas Kombes Ruddi, usai acara.

Menurut mantan Wadir Reskrimsus Polda Bali ini, Pilkel tahun ini diikuti 62 orang calon di 23 desa. Kegiatan tersebut diprakarsai Kapolresta Ruddi ini disaksikan Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. Puguh Binawanto. Pada kesempatan tersebut calon perbekel se-Kota Denpasar sepakat menolak terorisme, radikalisme dan anarkisme, serta mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

“Saya bersama Bapak Dandim, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar memberikan beberapa arahan supaya sama-sama menjaga keamanan selama pilkel. Supaya Bali khususnya Denpasar tetap aman, nyaman dan kondusif,” ujar mantan Kapolres Badung ini.

Baca juga:  Ada Dua Kelompok, Sasar 4 Provinsi

Ia berharap yang kalah tetap mematuhi aturan-aturan hukum. Bila ada calon yang kalah jangan mengajak massanya melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. “Jika itu terjadi maka kami dan TNI akan melakukan tindakan tegas. Yang kami antisipasi yaitu keributan antar pendukung. Tapi saya yakin dan percaya di Denpasar aman. Pilpres saja aman nyaman dan damai, apalagi pilkel ini,” ungkapnya.

Namun ia tetap minta mohon dukungan masyarakat dan calon perbekel untuk bersama-sama menjaga situasi aman dan kondusif.

Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. Puguh Binawanto mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan Polresta Denpasar untuk membantu pengamanan Pilkel di Kota Denpasar. Ia mengharapkan dukungan semua pihak termasuk pendukung calon perbekel agar melaksanakan pemilihan ini sesuai aturan yang berlaku. “Pesan kami, siap bertanding, siap kalah. Jangan merusak status atau hubungan sosial yang berlaku selama ini karena di Bali adat budaya serta kegiatan agamanya luar biasa,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.