Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Asuransi merupakan perlindungan risiko yang sangat penting. Pasalnya, dana pertanggungan dari asuransi mampu menutup kebutuhan pertanggungan risiko di kemudian hari yang lebih siap.

Risiko kesehatan pasti dialami oleh setiap orang. Untuk itu, asuransi kesehatan sangat perlu untuk menyiapkan dana penanggungan risiko. Untuk memilih yang terbaik, perhatikan poin penting sebagaimana diulas di Swara Tunaiku ini, ya!

1. Manfaat Rawat Inap

Berbagai risiko kesehatan yang akan dialami pasti tidak akan diketahui secara pasti sebelumnya. Karenanya, perlu persiapan yang lebih matang dalam asuransi. Fasilitas rawat inap haruslah tercantum dalam rancangan pertanggungan dalam polis.

Melalui fasilitas ini, Anda mendapatkan dana untuk keperluan rawat inap jika memang diperlukan. Jadi, premi yang dibayarkan juga termasuk dalam dana rawat inap yang sudah diprediksi dan tertulis dalam polis.

Dengan demikian, sebagai nasabah asuransi Anda mendapatkan fasilitas selama rawat inap meliputi ruang rawat, layanan kesehatan, infus, makanan, dan cek laboratorium.

2. Manfaat Rawat Jalan

Fasilitas berikutnya yang harus dipastikan tercantum dalam polis adalah rawat jalan. Hal ini sangat penting karena persiapan dana juga sangat diperlukan untuk biaya rawat jalan yang tentu tidak sedikit. Asuransi akan memudahkan persiapan dana sejak awal demi lancarnya proses rawat jalan sampai sembuh. Jadi, perusahaan asuransi akan memberi dana untuk rawat jalan jika terjadi klaim.

3. Manfaat Pengobatan Gigi

Risiko kesehatan gigi juga sangat sering terjadi karena berbagai hal. Penyebabnya yang beraneka ragam mulai dari pola perawatan yang salah sampai faktor makanan atau minuman, bisa menjadikan gigi mengalami masalah.

Apa pun kondisinya, Anda bisa mendapatkan tanggungan dana dari perusahaan asuransi jika dalam polis tertulis fasilitas pengobatan gigi.

Mengingat biaya pengobatan gigi yang cenderung besar, Anda sangat beruntung menjadi nasabah asuransi. Meski tidak semua layanan pengobatan ditanggung, setidaknya sudah terdapat beberapa kebutuhan dana yang awalnya bisa dilimpahkan kepada perusahaan asuransi. Nantinya, Anda bisa melunasi semua premi sesuai kesepakatan.

Beberapa kebutuhan yang ditanggung adalah pemeriksaan, menambal gigi, mencabut gigi, dan konsultasi lain. Untuk fasilitas khusus lainnya, seperti lepas dan pasang kawat gigi, bleaching, serta membersihkan karang gigi sudah tidak ditanggung lagi karena biayanya sudah mahal.

Baca juga:  Sudah Punya Asuransi dari Kantor, Apa Perlu Tambah Asuransi Pribadi Lagi?

4. Fasilitas Obat-obatan

Obat-obatan juga masuk dalam rincian dana pertanggungan produk asuransi kesehatan yang lengkap. Karenanya, Anda harus mengetahui dan memastikan bahwa terdapat biaya obat-obatan di dalam polis.

Sejumlah obat yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan bisa segera terpenuhi jika ditanggung lebih awal oleh perusahaan asuransi, tentunya sesuai kesepakatan dalam polis.

5. Fasilitas Kacamata

Risiko kesehatan mata juga sangat perlu diperhatikan. Anda harus memastikan terdapat fasilitas kacamata yang ditetapkan dalam polis. Tujuannya agar biaya pembelian atau penggantian kacamata bisa ditanggung. Jadi, perusahaan asuransi bisa memberikan dana ketika Anda mengajukan klaim atas keperluan kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

6. Tanggungan Biaya Persalinan

Biaya persalinan yang tidak murah menjadi faktor utama mengapa produk asuransi kesehatan harus mencantumkannya dalam polis. Sesuai kesepakatan dengan perusahaan asuransi, pastikan terdapat tanggungan biaya persalinan agar Anda bisa terbantu dalam pembayaran dana persalinan dengan segera. Nantinya, pembayaran premi bisa dilunasi sesuai kesepakatan.

7. Asuransi Kesehatan Individu

Jenis asuransi kesehatan memang tidak hanya satu. Mengenai asuransi kesehatan individu, Anda bisa memilikinya tanpa harus berstatus sebagai pekerja. Jadi, Anda bisa mendapatkannya secara pribadi. Caranya adalah langsung mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi. Premi asuransinya juga lebih ringan dibandingkan asuransi kelompok.

8. Asuransi Kesehatan Keluarga

Berbeda dengan asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan keluarga mencakup lebih dari satu anggota keluarga yaitu mulai dari pasangan, anak-anak, sampai tanggungan lainnya. Besaran preminya juga berbeda karena semakin banyak yang ditanggung, semakin besar pula biayanya.

Dengan memperhatikan berbagai poin penting tersebut, Anda bisa tahu beragam fasilitas asuransi kesehatan yang harus ada. Selain itu, jenis asuransi kesehatan juga dapat diketahui secara detail.

Anda harus memastikan bahwa produk asuransi kesehatan yang diikuti benar-benar menyediakan fasilitas lengkap dan berasal dari pihak jasa yang kredibel atau terpercaya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.