Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rumah adalah kebutuhan pokok setiap orang sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Resolusi ini harus direncanakan sedini mungkin agar lekas tercapai, terlebih jika Anda bercita-cita punya rumah di usia muda.

Dengan pendapatan yang tentu belum mencukupi untuk membeli rumah, Anda bisa menerapkan tips sederhana ini untuk mewujudkan impian punya rumah secepatnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan dari Swara Tunaiku berikut!

1. Membuat Target Sejak Awal

Dana untuk membeli rumah memang tidak sedikit. Anda memerlukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, buatlah target sejak awal. Anda harus membuat target keuangan. Anda bisa merancang bagaimana mengelola keuangan dan menabung untuk dana pembelian rumah. Anda juga harus menyesuaikan target dengan pemasukan yang diperoleh setiap bulan.

Jadi, pembuatan rancangan alokasi dana tersebut akan memudahkan menyisihkan uang untuk dana pembelian rumah. Usahakan untuk mengatur segala kebutuhan dan usaha pembelian rumah secara bijak. Pemasukan dan pengeluaran harus dirancang dengan baik dalam catatan keuangan.

2. Menentukan Langkah-langkahnya

Usai menentukan target, Anda dapat menentukan langkah lanjutan untuk mencapai target tersebut. Langkah tersebut tentu saja harus disesuaikan dengan potensi dan kemampuan. Untuk mencapai target berupa terkumpulnya dana untuk membeli rumah, Anda bisa memulai dengan menabung, mencari info KPR, mencari penghasilan tambahan, berinvestasi, dan sebagainya.

Penetapan berbagai langkah mencapai target tersebut sangat memudahkan mewujudkan impian punya rumah pribadi di usia muda. Alokasi dana bisa tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan pokok. Anda harus pandai-pandai menentukan dan mengerjakan beberapa langkah tersebut secara konsisten.

3. Menghitung Pemasukan dan Kemampuan Finansial

Jika bercita-cita punya rumah di usia muda, pasti Anda sudah rajin melihat harga rumah saat ini sampai kisarannya beberapa tahun ke depan. Untuk itu, sebaiknya hitunglah pemasukan dan kemampuan finansial Anda. Dengan mengetahui kisaran kemampuan finansial, Anda bisa memperkirakan tipe rumah yang sesuai. Usahakan untuk mengutamakan rumah aman dan nyaman.

Pemasukan tetap bisa dihitung dan dibuat pos dana untuk berbagai kebutuhan. Pisahkan dana yang digunakan untuk tabungan beli rumah. Jika memang ingin menambah pemasukan, Anda bisa mencari pekerjaan tambahan dan berinvestasi.

Baca juga:  Cara Menghentikan Rasa Pusing

4. Membuka Tabungan Khusus untuk Membeli Rumah

Sangat mulia cita-cita membeli rumah di usia muda. Tidak mustahil, hal tersebut bisa diwujudkan jika Anda serius. Tambahan pemasukan dapat diperoleh dengan membuka tabungan khusus untuk persiapan dana beli rumah. Terdapat beberapa produk tabungan di bank yang bisa Anda pilih yaitu antara tabungan biasa atau tabungan berjangka.

5. Berinvestasi

Investasi merupakan cara lain untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Pilihlah jenis investasi yang menguntungkan dan minim risiko. Anda juga harus menyesuaikan besaran dana investasi agar sesuai dengan kemampuan finansial agar risikonya bisa ditangani. Jangan sampai melakukan investasi yang berlebihan, tanpa menyesuaikan kemampuan. Investasi reksa dana bisa diutamakan.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika pemasukan dari pekerjaan tetap belum mencukupi dan ingin beli rumah lebih cepat, maka Anda bisa mencari pekerjaan sampingan. Tambahan pemasukan lewat pekerjaan sampingan ini juga memudahkan Anda memilih rumah yang lebih sesuai selera.

Pilihlah pekerjaan sampingan yang tidak melelahkan dan tidak mengganggu pekerjaan utama yang tentu punya jaminan pokok untuk finansial Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menekuni hobi menjadi bisnis, misalnya fotografer, penulis, editor, dan sebagainya.

7. Bijak dalam Mengatur Keuangan

Tips terakhir ini sangat penting dan harus diingat selalu. Anda harus bijak dalam mengatur keuangan. Jangan sampai terlalu mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting atau tidak penting sama sekali. Anda harus mengukur gaya hidup agar tidak konsumtif.

Melalui penerapan tips tersebut, Anda bisa merencanakan dana untuk membeli rumah. Pengaturan keuangan juga bisa dipelajari lewat tips tersebut. Anda harus pandai-pandai melakukan perencanaan dan pengaturan pemakaian dana agar rumah impian bisa segera dibeli. Prinsip menabung dan berinvestasi yang bijak juga akan mengamankan finansial Anda. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.