Ilustrasi. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jika Anda memiliki hobi di bidang musik, jangan mengira bahwa menjadi penyanyi merupakan satu-satunya tujuan hidup yang harus diraih. Banyak hal yang bisa Anda lakukan selain menyanyi, jika Anda memang ingin berkecimpung di bidang musik.

Ragam ide bisnis di bawah ini, bisa membuat hobi musik Anda tersalurkan, sekaligus dapat menjadi sumber pemasukan yang lumayan. Ingin tahu selengkapnya? Yuk, simak artikel dari Swara Tunaiku berikut!

1. Buka Studio Musik Sendiri

Bagi Anda yang memiliki hobi musik, serta memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha, jalankanlah bisnis studio musik. Bisnis ini lumayan menjanjikan, terutama sekali jika lingkungan sekitar tempat studio musik Anda didirikan, sama-sama mencintai musik. Tentu saja, Anda perlu mencermati dengan saksama, benda apa saja yang sekiranya wajib ada dalam sebuah studio musik.

Semakin lengkap peralatan musik dalam sebuah studio, biasanya juga akan semakin menarik minat konsumen. Anda bisa mencicil mulai dari peralatan musik yang wajib dulu, hingga nantinya menambah inventaris lagi saat keuntungan sudah di dapat. Sesuaikan biaya penyewaan dengan biaya pengadaan barang dan operasional studio musik Anda, agar malah tak mengalami kerugian.

2. Jadi Guru Vokal atau Alat Musik

Bakat dalam bermusik yang Anda miliki, bisa dimanfaatkan dengan menjadi guru vokal ataupun guru musik. Lumayan bukan, sambil mengajari orang lain, Anda pun bisa sekalian mengasah bakat yang Anda miliki. Jika modal mencukupi, Anda bisa mendirikan tempat kursus musik sendiri. Namun, menjadi guru vokal atau musik yang mengajar di rumah siswa pun juga tak masalah, kok.

3. Jadi Additional Player untuk Grup Musik

Anda tentu pernah melihat pemain musik tambahan, saat grup musik yang Anda suka sedang manggung. Nah, jika Anda memiliki keahlian yang mumpuni dalam memainkan alat musik, tentu saja Anda pun berkesempatan menjadi additional player ini. Bergabung dengan komunitas musik, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi terkait perekrutan additional player ini.

Baca juga:  Serukan Persatuan Bangsa, Pesan Perdamaian Disuarakan lewat Musik dan Puisi

4. Bergabung dengan Grup Musik atau Membentuknya Sendiri

Jika Anda memiliki beberapa teman yang juga memiliki hobi bermusik, jangan ragu untuk membentuk grup musik Anda sendiri. Selanjutnya, rintislah karier bermusik grup Anda, dengan menjadi mengajukan diri sebagai pengisi acara di kegiatan yang ada. Awalnya mungkin Anda yang sibuk menawarkan grup musik Anda, tapi jika sudah dikenal, undangan akan datang sendirinya.

Jika membentuk grup musik sendiri kedengaran agak mustahil bagi Anda, lebih baik bergabunglah dengan grup musik atau orkestra yang sudah ada. Biasanya grup musik yang sudah ada ini, telah memiliki jam terbangnya sendiri. Anda pun hanya perlu fokus pada permainan Anda sendiri, serta tak perlu memusingkan terkait pengadaan alat musik untuk anggota grup lainnya.

5. Menjadi Seorang Penulis Lagu

Bakat yang Anda miliki dalam menulis lagu, sama sekali tak boleh disia-siakan. Jadikan ini sebagai peluang, agar lirik yang Anda tulis didengar oleh orang lain. Dari yang awalnya hobi, bisa menjadi sumber pemasukan, terutama jika lagu yang Anda tulis meledak di pasaran. Jika satu saja lagu ciptaan Anda jadi hits, banyak penyanyi yang akan antre untuk mendapatkan lagu dari Anda.

Memiliki hobi di bidang musik, tak melulu harus menjadi penyanyi yang manggung dari satu pentas ke pentas lainnya. Anda bisa menyalurkan hobi dengan menjadi guru musik, komposer, pengusaha rental studio musik, dan masih banyak lagi. Selain bisa menyalurkan hobi bermusik Anda, bisnis atau usaha yang Anda lakukan ini bisa menjadi sumber pemasukan yang menjanjikan. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.